Percantik Dekorasi Rumah dengan Lampu Gantung

0
1537
lampu gantung unik

Rumah yang cantik tergantung bagaimana cara kita mendesainnya. Cantik tidak sekadar cantik tapi juga dapat memberikan sentuhan seni dan kenyamanan. Ketiga  hal inilah peran kreativitas dimainkan. Explorisasi bujet, warna, desain, bahan dan kemudahan mendapatkannya, fungsi, dan cara pembuatan sampai pemilihan ruang atau tata letak, menjadi  kepuasan tersendiri.  Dan, mebel sebagai salah satu penunjang  dekorasi rumah dapat dibuat sendiri.

Contohnya:  Lampu gantung. Sesuai namanya, benda ini digantung menggunakan kawat atau besi pada langit-langit suatu ruangan. Tujuan memasang benda ini agar cahaya yang dipancarkan lebih menerangi ruangan, dan menjadikannya semakin artistik.

Lampu Gantung Handmade

Panduan membuat lampu gantung yang cantik

Manfaatkan barang-barang bekas seperti dus. Sebelumnya, siapkan alat-alat seperti kardus bekas, lem tembak, lampu, tempat lampu, kabel, penggaris, pensil, cat semprot. Setelah alat dan bahan lengkap, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Gunting kardus seukuran panjang 60cm dan lebar 21cm. Kemudian cat bagian dalam dengan warna putih agar memberi efek terang.
  2. Lipat kardus menjadi segi lima, bagian yang telah dicat diletakkan pada bagian dalam. Selanjutnya potong-potong agar menjadi banyak.
  3. Susun potongan-potongan kardus tersebut dengan arah berlawanan. Gunakan lem tembak untuk menghubungkan satu potongan dengan potongan lainnya.
  4. Buat lembaran kardus membentuk segi lima untuk tatakan lampu. Lubangi bagian tengahnya lalu pasang tempat lampu beserta kabel.
  5. Lampu estetik berbahan dasar kardus bekas selesai dibuat dan siap dipajang di beranda atau ruang tengah.

Cara membuatnya mudah, kan? Kita bisa mempraktikkan sendiri di rumah. Untuk kreasi lainnya,  bisa browsing sendiri karena ada banyak tutorialnya beredar di internet.

 

Selain lampu gantung, apa saja jenis lampu untuk rumah minimalis?

Saat ini gaya hidup minimalis sedang digandrungi. Begitu juga dekorasi rumah. Orang-orang tertarik dengan model yang minimalis tetapi tetap “nyeni”. Berikut beberapa model alternatif selain lampu untuk rumah minimalis:

LED Roll. LED menjadi populer karena memberikan kesan elegan dan mewah. Bentuknya membulat serupa tabung dan biasa ditanam di plafon. Cahaya yang memancar pada dinding, lantai dan plafon begitu soft dan artistik.

Lampu kotak. Model ini juga lagi nge-hits dipakai sebagai dekorasi gaya rumah minimalis. Biasanya dipakai sebagai centerpiece ruangan. Cahaya yang dihasilkan produk ini lebih terang sehingga bisa dipakai di ruang tengah atau ruang tamu. LED roll juga dapat diletakkan di  ruang yang lebih luas.

Lampu hias. Untuk model gantung, pastikan plafon ruangan cukup tinggi, misalnya 4m agar tidak mengganggu aktifitas. Kini ada banyak model yang dijual di pasaran. Pilih model yang sesuai dengan karakter rumah kita, apakah minimalis, classic atau vintage.

Model mana yang paling cocok untuk gaya rumah minimalis kita?

Keunggulan lampu gantung custom

Kita mungkin akan menemukan bahwa lampu gantung yang dijual di pasaran modelnya begitu-begitu saja. Kalau merasa belum ada produk yang cocok dengan konsep rumah, pesan custom saja. Produk custom biasanya lebih bagus, sebab:

  • Dibuat secara handmade. Karena hanya lewat pengrajin handmade, kita akan bisa memesan produk sesuai selera dan kebutuhan. Sebuah keistimewaan yang tidak akan didapatkan pada produk pabrikan umumnya.
  • Barangnya unik dan hanya ada di rumah kita sendiri. Kalau kita suka hal-hal eksklusif, produk custom sangat cocok, sebab  barangnya dibuat khusus untuk pesanan kita. Bahkan bisa jadi, desain tersebut tidak ada tiruannya dan hanya satu-satunya di dunia.
  • Lebih tahan lama. Produk custom dibuat satu persatu dengan ketelitian tinggi dan bahan baku terbaik. So, produk pilihan kita  itu akan tahan lebih lama dan menerangi aktivitas keseharian.

So, banyak, kan keunggulan produk custom. Tunggu apa lagi, siapkan desain sesuai keinginan lalu pesan secara custom.

Tahu tempat membeli lampu gantung minimalis dan bisa custom?

Kita mulai tertarik membeli produk custom tapi bingung di mana belinya? Saya  sarankan Qlapa.com saja. Semua item yang dijual di sini dibuat secara handmade oleh para pengrajin di seluruh Indonesia. Para kreator menjual sendiri produknya di situs ini tanpa perantara. Jadi, kita akan mendapatkan harga lebih bersahabat

Membeli produk handmade akan sangat menguntungkan karena lebih tahan lama. Produsen handmade menggunakan bahan baku berkualitas agar bisa memuaskan konsumen. Selain itu, proses produksi juga dilakukan secara teliti agar hasilnya maksimal.

Keuntungan lain membeli barang handmade adalah kita bisa pesan custom. Tinggal tentukan saja desain yang diinginkan. Jadi, produk milik kita lebih unik dan eksklusif. Proses pembuatannya juga nggak lama. Setelah selesai dikerjakan, pengrajin akan mengirimkan hasilnya ke alamat kita. Praktis, kan?

lampu gantung dinding
Lampu gantung dinding

Tertarik banget sama lampu gantung, tapi…

Kita tertarik banget sama lampu gantung tapi nggak bisa bikin sendiri? Coba pesan di toko online saja. Kita bisa lihat contoh-contoh desainnya langsung lewat gadget. Kalau tidak ada yang sesuai, kita bisa desain sendiri sesuai keinginan. Lalu, minta pada pengrajin untuk membuatkannya. Misalnya seperti para pengrajin di Qlapa.com yang bersedia membuatkan produk sesuai seleramu. Proses pemesanannya mudah dan cepat. Yuk, pesan sekarang juga…