Wisata Ke Rumah Bandar Batik Jawa Barat

Rumah Batik Komar by Sari Novita

Sewaktu melihat bentuk rumah yang menarik, apa yang ada di dalam  rumah jauh dari seperti yang dibayangkan, mengejutkan, ternyata tempatnya asik. Juga tidak mengira bakal berjumpa bandar batik Jawa Barat, Bapak Komarudin.   Ketika melihat saya, beliau langsung mengajak saya berkeliling rumahnya, padahal dia sedang ada tamu dan saya hanya mengenakan pakaian rumah, kaos dan celana pendek [haha]. Maklum saat berada di sana, tempat saya menginap berhadapan dengan Rumah Batik Komar, Jalan Cigadung Raya Timur, Bandung

Rumah Batik Komar, copyright: www.sarinovita.com
Rumah Batik Komar

Bapak Komarudin berasal dari Kota Cirebon, mengenal batik dari orang tuanya, dan hampir semua keluarganya menekuni bisnis batik. Awalnya, Bapak Komar hanya memproduksi Batik Cirebon, karena permintaan pasar yang semakin besar terhadap batik Jawa Barat lainnya, batik kreasi dan desain kontemporer, dia mulai menyelusuri dan memenuhi permintaan pelanggannya.

Di Rumah Batik Komar ada jenis batik yang diproduksi:

  1. Batik Cap
  2. Batik Tulis
  3. Batik Kombinasi [cap dan tulis]
Rumah Batik Komar - Copyright: www.sarinovita.com
Rumah Batik Komar

Rumah Batik Komar, Copyright: www. sarinovita.com

Rumah Batik Komar, copyright: www.sarinovita.com
Rumah Batik Komar
Rumah Batik Komar, copyright: www.sarinovita.com
Rumah Batik Komar

Rumah Batik Komar, copyright: www.sarinovita.com

Karena post ini bukan bentuk artikel, maka saya tidak akan menulis panjang-panjang. Tapi saya akan tetap menuliskannya dan belum tentu berada di blog ini.

Mengapa saya menyebutnya “bandar”, sebab segalanya ada di rumah ini, perjalanannya, juga isi kepala Bapak Komar seputar batik Jawa Barat.

Ruang workshop Rumah Batik Komar, copyright: www.sarinovita.com
Ruang workshop
Kreasinya pernah diperagakan di luar negeri
Batik yang dijual di ruang show room
Karya Tulis Batik Bapak Komarudin
Buku Batik Pesisir, salah satu penulisnya : Bapak Komarudin
copyright: www.sarinovita.com
Batik produksi Rumah Batik Komar
Bapak Komarudin, Pemilik Rumah Batik Komar

Pada intinya melukis batik merupakan mengisi kekosongan. Selalu ada hal menarik ketika berjalan-jalan di daerah Nusantara. Malah selama 3 hari berturut-turut, saya mendengarkan kisah perjalanan dua manusia tentang bertahan [dan saya masih harus mendengarkannya lagi pada waktu berikutnya]. Tidak jauh beda dengan cerita Bapak Komarudin, areanya sama: Tahan, menahan, ketahanan, tertahankan, mempertahankan, pertahanan,  bertahan, ketahanan,…

Batik dan perjalanan manusia ada benang-benang merahnya….

Leave a Reply