Teknologi Mutakhir Kaca Film Mobil

Kaca film mobil memang bikin kita nyaman dan aman. Bikin nyamannya kita bisa terhindar dari sinar matahari yang bisa jadi saat itu sedang ganas-ganasnya.  Bikin amannya, orang di luar nggak bisa tahu siapa dan sedang melakukan apa  yang berada di dalam mobil. Namanya juga dunia, kejahatan bisa terjadi di mana saja jika ada kesempatan. Untuk mencegah tindakan criminal atau kecemburuan social, kaca film mobil merupakan salah satu cara tindakan preventif. Pada zaman yang serba teknologi, kecanggihan bisa membuat kita nyaman dan aman.

Fungsi kaca film tidak dua hal itu saja, ia juga bermanfaat untuk melindungi kulit. Sebelum melompat seputar teknologinya, di bawah ini berupa rangkuman beberapa fungsi kaca film  mobil:

 

  1. Menghindari dari sinar inframerah

Menurut Wikipedia: Inframerah adalah elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang. Memiliki jangkauan  panjang gelombang 700mm dan 1 mm.

Inframerah tidak terlihat oleh mata manusia tapi kita bisa rasakan sebagai panas. Kaca film di sini berfungsi sebagai pengendali untuk mengurangi pancaran infra – merah [mengurangi penguatan panas] yang masuk melalui kaca jendela maupun pintu.

  1. Untuk menghindari penuaan dini, katarak, dan kanker kulit.

Hal itu disebabkan oleh sinar  ultraviolet yang juga dapat menyebabkan pemudaran dan kerusakan pada material interior. Apabila energy matahari mengenai kaca, maka 3 hal dapat terjadi, yaitu diteruskan [transmit], dipantulkan [reflect], dan diserap [absorb].

  1. Sebagai dekorasi [interior] mobil
  2. Menjaga privasi untuk keamanan

 

Untuk memilih kaca film yang baik perlu melakukan tip di bawah yang semoga bisa membantu. Sebab tidak semua kaca film berkualitas baik dalam menolak energy panas matahari. Beberapa tipnya:

  1. Cek spesifikasinya di website resmi
  2. Kualitas produk
  3. Garansi dan jaringannya, apakah telah merata di Indonesia
  4. Teknisi yang terampil dan berpengalaman

Untuk memeriksa spesifikasi, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui.

  • Visible Light Transmission [VLT]. Ialah kesatuan kaca dengan filmnya dalam meneruskan cahaya tampak yang melewatinya. Dan ukurannya adalah presentase. Memakai VLT kita bisa melihat seberapa jelas melihat dari luar mobil ke dalam mobil. Semakin kecil nilai VLT kian besar nilai kegelapannya.
  • Ultraviolet Rejection [UVR]. Kemampuan kesatuan kaca dengan filmnya dalam menolak radiasi sinar ultraviolet. Semakin tinggi nilai UVR, makin baik kemampuan kaca film menahan intensitas ultraviolet.
  • Infrared Rejection [IRR]. Kemampuan kesatuan kaca dengan filmnya menolak sinar inframerah. Semakin besar persentasi IRR semakin baik kesatuan kaca dan filmnya menolak radiasi panas energy matahari yang akan membuat kita tidak nyaman. Kaca film berwarna gelap belum tentu mampu menolak panas, banyak kaca film anti gores 80% tidak mampu menolak panas.
  • Total Solar Energy Rejection [TSER}. Kemampuan kesatuan kaca dengan filmnya dalam menolak panas dari seluruh energi matahari yang melaluinya, atau menolak panas energi matahari dalam bentuk cahaya tampak dan radiasi sinar Infra Merah. Makin besar nilai TSER, semakin besar energy matahari yang ditolak. Untuk membandingkan TSER satu dengan lain, harus menggunakan produk VLT yang sama.

Dari banyaknya produk kaca film dan pengetahuan seputarnya, pada tanggal 26 Juli 2017, di Pabrik V – KOOL, Kemayoran,  Mobil 123, Portal Otomotif No. 1, mengangkat V-KOOL yang mempunyai kualitas. Dengan teknologi mutakhir Multi – Layered Sputtering, yaitu penembakan micro partikel dari bermacam-macam unsur logam [titanium, indium, emas, tembaga, dan sebagainya]. Partikel-partikel yang disusun mampu menolak panas, hingga kaca film tembus pandang atau bening pun, mobil tetap sejuk. Kaca Film V-KOOL memiliki karakteristik Spectrally-Selective, penolak panas infra-merah yang menggunakan XIR STI Technology  yang dikembangkan dan diproduksi di Silicon Valley, Amerika Serikat. Just for  information, merk V-Kool adalah kaca film pertama di dunia yang menggunakan teknologi penyeleksi gelombang yang diadopsi pada coating pesawat Stealth Bomber. Digunakan juga pada NASA.

V-KOOL adalah brand global yang khusus bergerak di bidang kaca film dan merupakan “ Brand Super Premium “ dari Eastman Chemical Company. Diproduksi di pabrik Southwall Technologies, USA. Melibatkan penggunaaan DC Magnetron Supttering Machine dengan investasi masing-masing sebesar USD 24 juta Dollar. Menggunakan teknologi ini, lapisan logam yang bahkan ketebalannya lebih tipis dari sehelai rambut ditanam ke  top 1% polyester film terbaik di dunia yang jernih dan terbukti mampu bertahan lama.

Di Indonesia, V–KOOL telah hadir selama 21 tahun yang memiliki kelebihan dengan memberikan fasilitas system garansi online, pelayanan klaim garansi dapat dilakukan di 82 dealer resmi yang tersebar di 40 kota Indonesia, tenaga ahli yang terlatih, jaminan ASLI, dan harga retail di pasaran lebih terkontrol dibanding competitor.

Kaca film mobil memang bisa digunakan untuk bergaya, tapi kalau buat gaya jangan nanggung, lihat juga teknologi, dan kelebihannya agar dapat memberikan kita manfaat ganda.

Dari uji coba  yang dilakukan pada bulan Juli 2000 oleh Southwall Technologies Inc., Visteon Corporation dan US Departement of Energy’s National Renewable Energy Laboratory, menghasilkan data sebagai berikut :

  1. Sebuah kendaraan percobaan dilengkapi dengan lapisan V-KOOL/XIR menghemat penggunaan bahan bakar hingga 3 % dibandingkan dengan kendaraan yang dipasangi kaca film lain
  2. Sedangkan di level kenyamanan bagi penumpang, lapisan V-KOOL/XIR meningkatkan level kenyamanan lebih cepat 20-25% dibanding lapisan kaca film lain

One Reply to “Teknologi Mutakhir Kaca Film Mobil”

Leave a Reply