Begadang Filmmaking Competition Kompetisi Unik Produksi Film Pendek

Begadang Filmmaking Competition adalah sebuah kompetisi pembuatan film pendek dengan skala Nasional yang diadakan Minikino. Kompetisi ini akan berlangsung pada 2 – 3 September 2017 yang merupakan rangkaian kegiatan yang mencapai puncak acaranya pada festival film pendek Internasional Minikino Film Week yang ke-3 di Bali pada 7 – 14 Oktober 2017.

 

Begadang Filmmaking Competition mengundang kelompok produksi film pendek di Indonesia, untuk menggarap sebuah proyek film pendek fiksi dengan tantangan yang tidak terduga namun memberikan ruang kreativitas yang luas sehingga akan lahir karya-karya menarik dari berbagai pelosok Indonesia. Kompetisi ini juga memberikan kesempatan untuk ajang uji soliditas tim kerja yang tahan banting dan siap bersaing! Kompetisi ini memberikan sebuah pengalaman dunia nyata kepada semua peserta, bagaimana para profesional di industri film dan televisi bekerja.

 

Begadang Filmmaking Competition adalah kompetisi yang unik dan jarang terjadi di Indonesia. Keunikannya terletak pada persyaratannya, dimana para peserta akan mendapatkan elemen audio visual yang wajib menjadi bagian dalam film, membuat film berdurasi maksimal 5 menit dan membuatnya dalam waktu terbatas yaitu hanya 34 jam.

 

Batasan waktu 34 jam adalah terhitung mulai 2 September 2017 pukul 8:00 WITA sampai dengan 3 September pukul 18:00 WITA. Selama 34 jam para peserta akan melakukan proses pembuatan film pendek dari awal, mulai membangun cerita, merancang adegan, shooting dan merekam suara, kemudian segera melakukan proses editing. Tiap peserta diharapkan bekerja keras untuk mengejar kualitas hasil semaksimal mungkin.

 

Pada menit-menit terakhir para peserta harus segera mengirim file film digital tersebut secara on-line, sehingga pada akhir batas waktu 3 september 2017 pukul 18:00 WITA, karya peserta telah diterima oleh panitia Begadang Filmmaking Competition. Batas waktu ini bersifat mutlak dan menjadi tantangan untuk membuktikan manajemen waktu, kesiapan peralatan dan kerja sama tim kerja.

Untuk menjamin bahwa film pendek tersebut memang benar-benar dibuat dalam jangka waktu yang ditentukan, elemen-elemen audio visual yang wajib tampil dalam film, dirahasiakan dan baru dibuka tepat pada tanggal 2 September 2017 pukul 8:00 WITA, sebagai penanda dimulainya Begadang Filmmaking Competition, serentak di seluruh Indonesia. Elemen-elemen tersebut meliputi nuansa sebagai ide awal cerita, karakter tertentu, serta penyisipan kalimat dalam dialog, dan lain-lain.

 

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 20 Juli 2017 dan ditutup pada tanggal 25 Agustus 2017. Proses pendaftaran Begadang Filmmaking Competition dilakukan oleh yang bertanggung jawab sebagai produser, dengan mengisi formulir pendaftaran online termasuk membaca detail persyaratannya di minikino.org/begadang. Setiap calon peserta juga harus membayar biaya pendaftaran 100.000 (Seratus Ribu) Rupiah saat melakukan pendaftaran.

Jumlah peserta Begadang Filmmaking Competition tidak dibatasi, namun hanya boleh diikuti sutradara yang memegang KTP atau passpor Indonesia. Bagi sutradara Indonesia yang masih dibawah umur, harus memiliki pendamping dewasa selama mengikuti jalannya kompetisi. Lebih lanjut, produksi juga harus dilakukan di wilayah Indonesia.

 

Fokus penilaian untuk menentukan pemenang mencakup penerapan elemen audio visual yang disyaratkan, kreatifitas dan orisinalitas cerita yang dikembangkan, serta penilaian-penilaian lain yang lebih umum seperti kualitas gambar, kualitas suara serta bagaimana film pendek tersebut ditampilkan. Film-film yang berhak untuk masuk dalam tahap penjurian adalah film yang selesai dan dikirim tepat waktu. Sedangkan film yang terlambat, hanya akan masuk dan dipertimbangkan dalam kurasi untuk pemutaran saja.

 

Dewan juri akan memilih 6 finalis untuk secara khusus diundang ke Bali pada saat festival film pendek internasional 3rd Minikino Film Week berlangsung, yaitu 7 – 14 Oktober 2017 dengan menerima penggantian biaya sebesar 1 Juta rupiah dan akomodasi gratis selama 2 malam untuk hadir dalam malam penganugerahan Internasional pada tanggal 14 Oktober 2017. Dalam acara ini akan diumumkan film pendek terbaik pertama, kedua dan ketiga, memperebutkan hadiah uang tunai sebesar 10 juta rupiah.

 

Begadang Filmmaking Competition bukanlah sebuah ide orisinil, juga bukan pertama kalinya diadakan di Indonesia. Pada tahun 2003 dan 2004, Minikino telah menjadi penyelengara Nasional sebuah kompetisi Internasional bertajuk 15/15 (Fifteen/Fifteen) Film Festival, yang berpusat di Autralia. Dalam kompetisi ini, kelompok peserta berlomba membuat film dengan waktu yang dibatasi 15 jam, artinya produksi film yang dilakukan peserta berlangsung seharian.

 

Minikino Film Week pada tahun ketiga, berhasil menghadirkan kembali kompetisi unik ini dalam bentuk yang sedikit berbeda, namun lebih meriah daripada sebelumnya. Dengan harapan optimis, menghubungkan lebih banyak lagi para pembuat film pendek di Indonesia dan menawarkan mereka sebuah pengalaman produksi yang dapat dikenang. Begadang Filmmaking Competition 2017 menjadi catatan yang penting dalam perjalanan waktu perkembangan film pendek di Indonesia.

website: minikino.org/begadang

email: begadang@minikino.org

Kontak:

I Made Suarbawa / Direktur Eksekutif, 3rd Minikino Film Week

phone: +62 857-3924-2842

Edo Wulia / Direktur Festival, 3rd Minikino Film Week

phone: +62 813-5322-9865

Leave a Reply