Jelajahi Cagar Alam Terkenal di Indonesia

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa indah dan jumlahnya yang banyak. Hutan, Gunung, Laut, dan sungai bersatu membentuk cagar alam dan keindahan yang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Pernahkah kamu menjelajah cagar alam di Nusantara? Saya baru beberapa tempat dan ingin mengunjungi 4 cagar alam yang saya baru tahu sekilas namun cukup mengusik kepala saya.

Menurut Wikipedia, Cagar alam adalah suatu kawasan suaka alam yang karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan, satwa, dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami.

Indonesia memiliki banyak Cagar alam yang bisa kamu jadikan tempat wisata sekaligus belajar lebih mencintai alam. Dan berikut beberapa cagar alam yang bisa jadi referensi tempat liburan kamu.

  1. Cagar alam Telaga Patenggang
Cagar alam Telaga Patenggang – Photo: alikanews.com

Untuk kamu yang sering berlibur ke daerah Ciwidey, pasti pernah mengunjungi tempat ini. Terletak di daerah Ciwidey, Kabupaten Bandung bagian selatan, Jawa Barat, Cagar alam ini, lebih terkenal dengan danau atau situnya.

Dengan luas cagar alam sekitar 4,5 hektar dan terletak di ketinggian 1,600 mdpl, menjadikan tempat ini sangat asri dan sejuk, terlebih jika siang menuju sore hujan akan mulai turun. Selain pemandangan yang menyejukkan mata, apalagi yang bisa kamu nikmati dan menjadi daya tarik dari cagar alam ini?

Kamu bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu, dan berkunjung ke batu cinta yang berada di pulau tengah-tengah danau. Sebuah tempat wisata dipadukan dengan legenda akan semakin menarik, bukan?

Konon, jika kamu datang ke tempat ini dengan pasangan, hubungan kalian akan langgeng. Karena di batu inilah tempat dipertemukannya Dewi Rengganis dan Ki Santang. Maka, kisah cinta kalian akan seabadi mereka.

  1. Cagar Alam Karang Bolong, Jawa Tengah
Cagar Alam Karang Bolong, Jawa Tengah – Photo: bentengkarangbolong.blogspot.co.id

Cagar Alam Karang Bolong ini terletak di Pulau Nusakambangan bagian timur. Wow, siapa sangka pulau yang lebih dikenal sebagai penjara daripada tempat wisata. Namun, jangan khawatir bangunan penjara berada di sebelah barat pulau jadi cukup jauh dari cagar alam ini.

Selain cagar alam, Pantai Karang Bolong merupakan tempat yang banyak di kunjungi. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang memukau, dan berkilau diterpa sinar matahari. Di salah satu sudutnya terdapat banteng peninggalan bangsa Portugis yang bersejarah saat zaman penjajahan dulu. Cagar alam ini bisa kamu akses hanya melalui jalur laut, lewat pantai Teluk Penyu di Kota Cilacap.

3. Cagar Alam Kawah Ijen Merapi Unggup-Unggup

Cagar Alam Kawah Ijen Merapi Unggup-Unggup – Photo: otonomi.co.id

Cagar Alam Kawah Ijen Merapi Unggup-Unggup adalah cagar alam lainnya yang sayang jika kamu lewatkan. Cagar alam ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa dengan pegunungan yang kaya akan batuan belerang.

Siapapun tahu jika Kawah Ijen menjanjikan pemandangan yang bisa menarikmu untuk menikmati pemandangan indahnya, saat dini hari tiba, kamu bisa melihat api biru yang hanya ada dua di dunia. Yakni di Islandia dan di kawah ijen.

Jadi, masih ragu untuk mendatangi tempat ini? Jika kamu sudah yakin, ajak teman-temanmu layaknya film 5 cm untuk mengunjugi tempat ini dan pesan tiket Lion air sekarang juga.

4. Cagar Alam Teluk Baron Yogyakarta

Teluk Baron Yogyakarta – Foto: spotunik.com

Yogyakarta tak hanya tentang candi dan jajanan murah, jika kamu ingin berpetualang dan melihat sisi lain dari kota pelajar ini, kunjungilah Cagar Alam Teluk Baron yang terletak di Yogyakarta bagian selatan.

Tak banyak yang sudah yang mengenal teluk ini sebagai sebuah cagar alam, karena para pelancong lebih mengenal pantainya yaitu Pantai Baron. Panti ini memiliki lengkungan menjorok ke daratan khas teluk, tak pelak Pantai Baron mampu menarik para wisatawan karena keindahan alam yang eksotis.

Ombaknya cukup menantang khas pantai selatan, ditambah dengan  deretan perahu para nelayan yang siap berburu ikan dan gundukan bukit di kedua sisinya membuat pantai ini menyimpan keindahan yang sayang jika dilewatkan.

Jika kamu berada di kota seperti Jakarta yang lokasinya dekat dari Ciwidey atau kota yang dekat tempat wisata cagar alam, pasti tidak bingung memikirkan transportasi udara menuju ke sana. Lain halnya, bila tempat wisata yang ingin kita jumpa berada jauh dari lokasi kita berada.

Lion Air, sebagai salah satu maskapai kebanggaan Indonesia mengajak kamu untuk mengunjungi cagar alam yang banyak terdapat di Indonesia, untuk memesan tiketnya, kamu bisa mengunjungi traveloka.com/lion-air

Selamat menikmati keindahan semesta, kawan!

Posted in Uncategorized

Leave a Reply