Masak Bareng San Remo Pasta

San Remo Indonesia by www.sarinovita.com

Memasak itu suatu aktivitas yang menyenangkan, meski kamu tidak jago memasak. Saya percaya semua orang bisa memasak, enak atau tidak rasa masakannya, hanya perkara pengulangan-pengulangan keinginan untuk menjadi lebih bahagia. Lagi pula mengolah bahan masakan dan proses memasak punya seni tersendiri. Namun zaman kerap menuntut kecepatan dan kepraktisan dalam hal apa pun, untuk tetap membuat masakan berseni yang mencuatkan kebahagiaan, manusia tidak kehabisan akal.

Pasta merupakan makanan pokok tradisional Italia yang awalnya menjadi pilihan saat perang dunia pertama karena kemudahan cara memasaknya dan tidak perlu membutuhkan waktu lama.  Selain dua kelebihan itu, pasta mengandung gizi yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Dibandingkan dengan nasi, roti, ubi, bubur, pasta masih lebih baik, karena tidak mudah berubah menjadi glukosa. Mudah, cepat, dan sehat, ibarat ‘keyword’ yang digemari orang-orang saat menentukan suguhan makanan.

Tahun 1936, Luigi Crotti membangun usaha pasta dari rumahnya. Dan menamakannya San Remo yang diambil dari nama kota di Italia, yaitu kota kelahirannya. Bersama keluarganya, pasta yang mereka buat menjadi favorite, dan cara memasaknya diikuti oleh banyak orang di Italia. San Remo semakin berkembang pesat, namun kuantitas bahan baku gandum masih kurang. Juga gandum berkualitas dari segi rasa dan kandungan gizinya.

San Remo Indonesia. Copyright: www.sarinovita.com

Setelah menyelusuri berbagai negara, Luigi Crotti  menemukan gandum terbaik di Australia Selatan. Dipindahkannyalah pabrik dari  Italia ke Australia.  Sampai sekarang San Remo telah mendistribusikan produknya lebih dari 35 negara, salah satunya Indonesia.

Australia mempunyai suhu dan temperatur bagus menghasilkan gandum. Kandungan di dalamnya terdiri dari 6 macam asam amino, vitamin E dan B kompleks, fosfor, zinc, dan magnesium.  San Remo  dihasilkan dari tepung gandum  dengan jenis Semolina. Pasta San Remo terbentuk dari gandum yang tumbuh di dataran sejuk dan diolah dengan menggabungkan metode tradisional Italia serta teknologi paling modern yang memberikan kualitas gandum terbaik

 

Jenis tepung Semolina, memiliki proses  cerna lamban di dalam perut yang otomatis bikin kita  kenyang lebih lama. Dan berkhasiat untuk meningkatkan fungsi ginjal (karena adanya kandungan kalium), kekebalan tubuh, memberikan energi, menyehatkan tulang dan sistem saraf. Bagi orang dengan intoleransi gluten, sebaiknya menghindari makan semolina. Tahun 2013, San Remo telah memproduksi pasta bebas gluten, sehingga bisa menikmati pasta buatan San Remo.

 

Masak Bareng San Remo

18 Januari 2017, PT. Sukanda Jaya (distributor San Remo Indonesia) mengundang saya dan teman-teman ke kantornya di Cikarang. Demo cooking dan lomba masak, dua kegiatan yang banyak disenangi pecinta kuliner, Ibu-ibu, atau orang yang sekadar senang mencicipi makanan enak.

Chef Joshua San Remo. Photo Copyright: www.sarinovita.com
Chef Joshua San Remo. Photo Copyright: www.sarinovita.com

Demo cooking itu suatu hal yang seksi bagi kepala saya. Sebab, biasanya Chef tidak hanya bicara seputar resep dan cara memasak. Chef Joshua  berkisah  latar belakang San Remo diproduksi di Australia. Dari zaman perang sampai kini telah memiliki produk 2 jenis pasta, long pasta dan short pasta. Spaghetti, spaghetti instan, wholemeal, angle hair, fettucine, spinach fettucine, linguine, dan vermicelli, masuk bagian dari jenis long pasta. Short pasta terdiri dari  spirals, small shells, rigatoni, fusilli, bowties, elbows, macaroni, dan soup pasta.

Traditional Egg Pasta San Remo. Phot: www.sarinovita.com
Traditional Egg Pasta San Remo

Yang paling disenangi juga oleh orang banyak adalah tips mengolah bahan dan cara memasak. 3 resep makanan Italia yang diperagakan: Salmon Fettucine with Creamy Rocket Sauce, Thai Beef Small Shell Salad, dan Curly Lasagna Pesto Seafood. Terakhir sesi tasting food. Menikmati sajian Chef Joshua ada kesan tersendiri. Menurut saya pribadi, di Indonesia banyak restoran Italian tersebar, tapi tidak banyak yang meyuguhkan cita rasa berkualitas. Banyak bumbu, trik jitu memasak, dan kualitas bahan, tidak pernah bohong menghasilkan makanan yang nikmat. Sama halnya dengan membeli barang harga mahal.

Bowties Pasta San Remo. Photo Copyright: www.sarinovita.com
Bowties Pasta San Remo. Photo Copyright: www.sarinovita.com

Dalam memilih pasta yang baik, kita perlu tahu, apakah pastanya berkualitas atau tidak. Pasta yang baik, justru yang lengket/menempel, bagaimana memasaknya agar tidak menempel? Tambahkan garam. Memasak pasta San Remo seperti spaghetti, punya ukuran perbandingan 1:10. Misal pasta 500 gram, memerluka 5 atau 6 liter air.

San Remo punya Lasagna pasta instan (short pasta) yang bisa langsung dimasak tanpa air (tidak direbus). Jadi masukan saja bersama bahan dan bumbu lainnya. Kontur pasta San Remo ada yang curly, ada juga yang straight. Untuk resep Curly Lasagna Pesto Seafood, memakai curly pasta karena bergelombang. Mematahkan pasta, sebaiknya tidak dibagi dua, tapi cut bagian pinggir-pinggirnya. Jangan pula disejajarkan atau berhadapan, karena akan bergencetan/berdorongan, dan hasilnya jadi tidak bagus.

Makan pasta tanpa pesto (saus), bakal berasa hambar. Sama halnya orang Indonesia yang rata-rata makan selalu dengan sambal. Selain pasta, San Remo juga membuat Sauce San Remo agar pasta terasa lebih nikmat karena rasanya yang kuat. Di Indonesia ada 3 jenis Sauce: Tomato & Basil; Tomato, Onion, and Garlic; Spicy, Tomato, and Capsicum; Napolitana; Bolognese; dan Bolognese and Mushroom. Sauce dan  pesto bisa digunakan untuk makanan apa saja, misal roti dan sauce. Pada dasarnya  bisa dinikmati dengan apa saja.

Chef Joshua  bilang, masak pasta dengan rempah-rempah Nusantara juga tidak kalah enaknya dengan pesto.

Salmon Fettucine with Creamy Rocket Sauce. Photo Copyright: www.sarinovita.com
Salmon Fettucine with Creamy Rocket Sauce.

Saat memasak Salmon Fettucine with Creamy Rcket Sauce, Chef Joshua tidak mencuci salmonnya. Alasannya, kandungan omega dalam salmon akan hilang bila dicuci. Begitu juga dengan jenis ikan lain, tidak perlu diberi jeruk nipis dan direndam semalaman. Jika ingin juicy, squeeze jeruk nipis sebelum ikan dimasukan ke dalam wajan.

Sisa butter yang telah digunakan menggoreng salmon, tidak dibuang. Tapi dipakai buat memasak garlic dan bumbu lainnya, dan cooking cream.

Masak Bareng San Remo – Rekan masak..

Sesi selanjutnya, cooking challenge, setiap kelompok terdiri dari dua orang. Jujur, saya lupa nama masakan yang kami buat. Haha. Tapi seru. Pokoknya bahan yang kami gunakan, cumi, udang, ayam, salmon, jamur (biar tambah gurih), cooking cream, serbuk cabe Afrika, 2 dice butter, fettucine, rocket leaves, dan dicampur kesenangan. Masak hati harus senang , enak atau tidak, itu urusan nanti. Terpenting keinginan untuk memasak dan belajar masak yang bisa bikin orang senang atau happy.

Icip-icip masakan cooking challenge San emo. www.sarinovita.com
Icip-icip masakan cooking challenge
San Remo Indonesia
Potret Bersama – San Remo Indonesia

 

 

6 Replies to “Masak Bareng San Remo Pasta”

  1. Kalo punya suami chef gitu, kira2 di rumah nya yg masak siapa yaaa ???? hehehe
    Eh ini produk nya, ada sauce pasta nya kan yaa kalo ngak salah ??? sempet liat di supermarket

Leave a Reply