Perlukah RAM Besar Untuk Smartphone?

Perlukah di zaman sekarang gunakan RAM smartphone yang besar? Perlu. Malah  penting buat saya. Di smartphone saya ada 125 aplikasi yang pantang di-uninstall. Demi mempertahankan hidup dan mimpi-mimpi, selain blogger, saya juga content writer, event organizer, dan sedang aktif ikuti program komunitas budaya. WhatsApp chat tidak pernah berhenti masuk bahkan 24 jam. Terkadang suka tiba-tiba, klien mengirimkan data teks dan image yang perlu diolah. Sering juga saya gatel pengen traveling. Biasanya langsung pesan tiket di aplikasi smartphone.

Aplikasi seperti social media memang tidak seberapa. Ada kebiasaan ‘melompat’ yang saya jadikan kewajiban di antara “rutinitas” di smartphone. Kalau sedang chat biasa, saya langsung membuka aplikasi Viddsee dan Fashion TV. ‘Istirahat’ selanjutnya, membuka Wattpad atau Scribd. Instagram, Facebook, Twitter, dan Path itu hampir setiap  jam saya buka. Juga tidak jarang membuka Bukalapak hanya untuk lihat barang-barang, kali saja bisa jadi ide. Semakin sering berkomunikasi, browsing, menulis di microsoft office di hape maupun lagi hectic, aplikasi-aplikasi tersebut harus tetap dibuka. Jika tidak nonton Fashion TV, ya mendengarkan musik dari Spotify dan Youtube.

apps-fashion-tv

Sengaja sih dibuka agar bekerja itu semakin menyenangkan. Tapi..aktivitas tersebut bikin cepat hape low batterai dan hape nge-hang. Tidak jarang juga harus install aplikasi untuk di-review  tapi hape sudah teriak kapasistas tidak mencukupi. Mau tak mau, uninstall salah satu aplikasi, setelah mengulik aplikasi baru, saya install kembali apps yang lama. Dan apps yang baru di-install saya uninstall. Haha. Yang suka bikin dilema, jika kedua apps-nya sama-sama seru dan juga penting. Bingung, kan, harus pilih yang mana?..

Mungkin bagi sebagian orang, aplikasi TV dan games itu hanyalah hiburan. Lain halnya dengan saya. Aplikasi TV atau apps lain dan browsing merupakan pendukung pekerjaan. Itu menurut saya. Setiap orang memang berbeda kebiasaan dan kesukaannya. Contohnya adik saya yang berjualan online dan offline baju bola. Dalam menjawab chat klien, nge-tweet, balas e-mail, dan lainnya, secara bersamaan itu juga dia buka games soccer management. Tidak jauh berbeda dengan saya, sih. Di album galerry-nya pun ada ribuan foto baju bola, begitu juga dengan saya. Beberapa foto tahun 2014 sampai sekarang masih tersimpan karena sering foto tersebut diperlukan dalam waktu yang cepat harus dikirim.

Apps Viddsee
Apps Viddsee

Belum lagi sekarang blogger akan lebih baik bila mempublish videonya sendiri. Bayangkan saja berapa besar kapasistas yang harus dimiliki pada sebuah smartphone. RAM 2 GB bagi saya itu standar, tapi mau bagaimana lagi di pasaran yang paling banyak dijual smartphone dengan kapasistas ini. Mau tidak mau membutuhkan tambahan memori yang bisa mem-provide aktivitas seseorang.  Apalagi jika pekerjaannya memang mobile.

Namun teknologi tidak stuck dengan spesifikasi yang itu-itu saja. Perkembangan teknologi tidak cuma menawarkan ide-ide gila yang dimiliki sang kreator. Tanpa tahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen, ide bisa jadi sia. Bisa dibilang pada era sekarang, siapa yang tidak jatuh hati dan kecanduan teknologi? Pencipta teknologi otomatis mereka pengguna sehingga mereka tahu apa yang dibutuhkan dari sebuah teknologi smartphone. Tanpa melupakan kebutuhan dan keluhan masyarakat yang sering terjadi terhadap smartphone-nya.

apps personal blog Sari Novita
Apps Personal Blog

Kebutuhan dan keinginan saya tidak berbeda dengan masyarakat pengguna smartphone. RAM yang memenuhi kebutuhan dan ketahanan baterai paling sering saya dengar. Saya pun mendengar dari seorang teman ada smartphone yang punya RAM 3 GB, memori internal 64 GB, dan baterai bertenaga 23000 mAH. Bagi saya ini delicious, ibarat menu hidangan baru yang memadukan taste, feel, gizi, rempah, dan bentuknya yang menggugah.

Bulan November nanti direncanakan Polytron bakal mengeluarkan produk smartphone terbaru; Polytron Prime 7S.  Karena kepo, saya langsung mencari tahu spesifikasi apa yang bisa memenuhi aktivitas saya.

Spesifikasi dan Fitur Polytron Prime 7S yang bikin saya naksir:

  • Menggunakan Octa-Core dengan 2 GHz Helio P10 64 bit processor. Berarti dapat menyimpan banyak data, foto, dan video. Helio P10 memiliki sensor kamera dengan fitur Dual Image Signal dan penambahan denoise, demosaic, dan sharpness. Yang bisa menghasilkan foto yang tajam dan bagus. 64-bit processor berarti bisa menampung 4 kali lebih banyak daripada 32-bit dan secara teori setara dengan 16 milliar byte. Spesifikasi yang bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dan tidak bermasalah.
  • Fitur USB OTG (On-The-Go). Memudahkan transfer data dari dan atau ke laptop serta PC. Tidak hanya transfer tapi juga membaca dan mengedit. Prosesnya memang mudah seperti melakukan di komputer dengan flash disk. Ini sebenarnya sudah banyak terdapat pada smartphone lain tapi tetap saja jadi perhatian buat saya.
  • Sistem Android 6.0 Marsmallow. Bagi yang suka daya tahan baterai hape yang lama pasti tahu Android 6.0 Marsmallow. Polytron Prime 7S memiliki daya tahan baterai 23000 mAH.
  • Layar berukuran 5.2 inci dengan teknologi Curved Glass Scree 2.5 D. Suatu layar yang bikin puas mata kita dan bisa tangkas melakukan navigasi channel. Cocok bagi yang suka nonton movie atau TV di smartphone.
  • Fitur FIRA TV. Melalui fitur ini, konsumen tidak perlu lagi mengunduh aplikasi tambahan atau mengeluarkan biaya berlangganan. Prime 7S otomatis bisa melakukan registrasi FIRA ID dan bisa menyaksikan Supper soccer TV, TV Channel dan Biznet secara gratis. Dan juga dapat menonton 12 channel TV lokal.

Ya, semoga saja di bulan November nanti ada yang berbaik hati memberikan kado dengan spesifikasi dan fitur smartphone seperti yang saya taksir. Haha.

 

Spesifikasi Polytron Prime 7S

Spesifikasi Polytron Prime 7S
Spesifikasi Polytron Prime 7S

6 Replies to “Perlukah RAM Besar Untuk Smartphone?”

  1. Dulu awalnya aku pake ponsel dengan RAM 2GB, sekarang udah gabisa karena kudu banyak unduh aplikasi untuk ngedit foto, sosmed, wa, dll. Belom lagi hasil jepretan foto dan video yang kudu punya di setiap acara. Jadi upgrade deh ke ponsel dengan RAM 3GB 😉

Leave a Reply