Ini Loh Festival Tahunan di Bali yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Meskipun dikenal dengan obyek wisata pantainya yang oke banget, tapi bukan berarti Bali punyanya itu-itu aja lho. Yup, si Pulau Dewata ini juga memiliki beragam jenis obyek wisata lainnya. Mulai dari yang bertema alam bukan pantai seperti air terjun, sampai yang berhubungan dengan budaya serta festival. Nah, soal festival, serius, Bali memang punya banyak yang seperti itu, dan pastinya mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya.

Setidaknya ada beberapa jenis festival yang ada di Pulau Dewata mulai yang bertema film sampai yang merangkul budaya di dalamnya. Semuanya unik dan pasti bakal bikin mindset-mu tentang Bali berubah total. Tidak lagi mengidentikkan si Pulau Dewata dengan pantai, setelah menikmati deretan festivalnya, kamu bakal selalu ingat kalau Bali juga rumah dari deretan festival luar biasa.

Nah, sebelum kita lanjut lebih jauh tentang detail festivalnya, ada baiknya kalau kamu juga mencari tahu soal penginapan terlebih dahulu. Penting tuh, biar bisa nikmati deretan festivalnya dengan maksimal. Dan untuk itu kamu tidak perlu worry, karena begitu banyak hotel murah di Bali yang bisa kamu pilih. Oke, langsung saja , inilah deretan festival keren yang bisa kamu nikmati di Pulau Dewata.

  1. Bali International Film Festival dengan Deretan Karyanya yang Luar Biasa
SAMSUNG CSC
SAMSUNG CSC

Bali International Film Festival atau yang disebut juga Balinale, bisa dibilang merupakan acara tahunan yang paling ditunggu para sineas Indonesia. Bukan hanya karena karya mereka bakal diputar di sini, tapi juga kesempatan untuk ditonton oleh para moviegoers manca. Benar, acara ini dimeriahkan oleh orang-orang luar negeri lho. Kadang, bahkan sineas kondang Hollywood pun juga berpartisipasi di Balinale ini.

Nah, acara ini sendiri itu tidak cuma pemutaran film tapi juga ada semacam kompetisi. Jadi, nantinya bakal diumumin tuh mana-mana saja karya yang terbaik dari semua kontestan. Kita nih posisinya hanya sebagai penikmat saja. Asyik banget lho nonton festival film seperti ini. Kesannya jauh kalau dibandingkan bioskop. Asyik pokoknya dan juga ada kebanggaan tersendiri karena festival ini levelnya sudah internasional.

  1. Menikmati Kemeriahan Sanur Village Festival
Kuliner Bali. Copyright www.sarinovita.com
Kuliner Bali. Copyright www.sarinovita.com

Sanur Village Festival ini kalau diibaratkan sama seperti sebuah pasar di mana kamu bisa mendapatkan apa pun. Mulai dari acara yang berhubungan dengan budaya sampai kuliner, semuanya bisa kamu dapatkan di sini. Sanur Village Festival memang menjadi semacam wadah di mana hal-hal menyenangkan dijadikan satu untuk kemudian bisa dinikmati bersama-sama. Asik!

Sanur Village Festival secara khusus bertujuan untuk menjadikan Bali makin memiliki nilai plus, dan hal tersebut nampaknya memang benar-benar berhasil. Setidaknya sudah lebih dari 10 kali Sanur Village Festival digelar. Hal ini jadi bukti tak terbantahkan kalau acara satu itu memang sangat dinanti dan digemari. Kalau kamu ke Bali, sekali-sekali cobalah mampir kemari. Dijamin bakal tak terlupakan.

poin2

  1. Festival Seni Tanah Lot, Surga Bagi Para Penikmat Budaya

Hal yang menyenangkan tentang Bali tidak hanya alamnya, tapi tentu juga budayanya. Kamu tahu sendiri kalau tanah Dewata ini memiliki begitu banyak tradisi dan budaya unik. Nah, bagi kamu yang memburu ini di Bali, Pulau Dewata punya satu sajian yang pasti bakal membuatmu bahagia. Ya, ini adalah tentang Festival Seni Tanah Lot.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Festival Seni Tanah Lot secara khusus memang bertujuan untuk mempertontonkan deretan kebudayaan khas Bali. Mulai dari musik-musiknya, sampai karya seni fisik macam pahat. Uniknya lagi, acara ini juga punya semacam arak-arakan lho. Mirip karnaval tapi ornamennya Bali banget. Penyuka seni apalagi hal-hal yang berbau Bali pasti bakal menikmati sekali acara ini. Oh iya, Festival Seni Tanah Lot sendiri juga jadi incaran turis dunia.

  1. Festival Makepung, Saingan Karapan Sapi Ala Bali
Festival Kerapan Sapi Makepung. Copyright: Barry Kusuma http://www.barrykusuma.com/
Festival Kerapan Sapi Makepung. Copyright: Barry Kusuma http://www.barrykusuma.com/

Jika Madura dikenal dengan Karapan Sapinya, maka Bali punya versinya sendiri bernama Makepung. Secara konsep keduanya sama persis, hanya saja kalau Makepung adalah kerbau, bukan sapi. Nah, meskipun secara teknis sama nih, tapi Makepung punya ciri khasnya sendiri. Hal tersebut adalah semacam kereta joki di mana yang seperti itu tidak ada di Karapan Sapi.

Jangan kira kerbau itu lamban ya. Di Festival Makepung, kita bisa tuh melihat hewan-hewan pembajak sawah ini berpacu sangat cepat. Sangat mendebarkan tentu saja dan yang jelas tidak bakal berlangsung dengan cepat. Pasalnya, kontestannya sendiri selalu banyak setiap tahunnya. Asyik banget pokoknya, apalagi buat kamu yang mencari hiburan alternatif yang benar-benar beda dari biasanya.

Ituah sederet festival unik yang bisa kamu nikmati di Bali. Semuanya benar-benar mengakomodasi kesukaanmu, bukan? Ada film, kuliner, budaya dan sebagainya. Nah, karena acara ini adalah tahunan, maka sepertinya wajib tuh untuk dikunjungi. Soalnya, harus nunggu setahun lagi baru bisa nonton. Nah, makanya, prepare semuanya dulu sebelum menentukan acara yang ingin kamu tonton, salah satunya ya penginapan. Pastikan kamu sudah punya hal tersebut, karena beberapa acara di atas berlangsung berhari-hari. Soal hotel tak usah khawatir lah ya. Ada banyak hotel murah di kota Bali yang fasilitasnya tidak kalah dengan hotel bintang 4 dan 5.

Nah, berbicara hotel yang murah, tentu kamu jangan lupakan Airy Rooms. Yup, Airy Rooms menawarkan segala hal yang kamu butuhkan soal penginapan.

airy-apps-hotel-murah

Mulai deretan fasilitas penting seperti AC, Wifi, dan masih banyak lagi, sampai harganya yang super terjangkau. Tak cuma itu, kita juga bisa pesan dengan gampang banget. Bisa lewat Android Apps, website, WhatsApp, atau langsung kontak saja customer service Airy Rooms. Selamat menikmati festival di Bali!

18 Replies to “Ini Loh Festival Tahunan di Bali yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan”

  1. Selalu menarik event-event di Pulau Bali.

    adakah pengalaman dari Mbak Novita, kapan waktu yang tepat untuk ke pulau Bali ya?
    karena kalau liburan ramainya bejibun deh 🙂

    salam kenal dan terima kasih Mbak

  2. Salam kenal mba..
    Bali ya,, ga pernah bosan dengan tempat itu..
    14 tahun yang lalu pertama kali ksana,, maen di tanah lot..
    masih aja doyan sampe sekarang..
    Tapi belum pernah ksempatan ke Bali International Film Festival euy..

Leave a Reply