Booking Hotel Last Minute di Aplikasi Smartphone

Bandung memang bukan tempat asing lagi bagi saya. Alhamdulillah saya bisa menginap di mana saja, di rumah saudara, teman, atau rekan kerja.  Itu bila tujuan ke Bandung hanya untuk silahturahmi atau ada pekerjaan. Lain halnya jika ingin menulis, biasanya saya lebih memilih hotel dan tidur sendiri tanpa mengajak teman. Memang egois sih, tapi, kan nulis itu butuh konsentrasi. Ceileh. Nah, terus terang mencari tiket pesawat dan hotel  saya suka menggunakan aplikasi yang ada di smartphone.

Prosesnya cepat itu pasti, tanpa perlu menghubungi customer service (bisa ngabisin pulsa), paling nggak sampai 5 menit.. Pembayaran bisa melalui atm, kalau kita malas, bisa pakai kartu kredit atau kartu debit. Kalau saya sih pakainya kartu debit. Ini jika saya memesan tiket pesawat, beda waktu prosesnya saat mencari hotel. Keunggulan pesan kamar hotel di aplikasi: Cepat, mudah, dan bisa memilih harga sesuai selera, daerah, dan isi kantong.

Tiket pesawat, saya sudah fix tanggal, waktu, dan destinasinya, jadi tak perlu waktu lama. Karena saya tidak bisa lepas dari rupa kamar, fasilitas wifi, lokasi strategis untuk ke mana-mana dan nggak jauh dari kedai kopi, terakhir harganya, saya butuh lebih dari 5 menit. Harga itu merupakan keputusan akhir namun harga juga awal dari pencarian mendapatkan hotel yang diinginkan.

#Traveloka

Enaknya lagi pesan tempat penginapan melalui aplikasi, bisa memesan kamar dengan jenis dormitory di Ubud. Aplikasi pencarian tiket pesawat maupun hotel memang menawarkan harga tertinggi sampai terendah, dan kategori hotel – berbintang, melati sampai dormitory. Ya, sesuai kebutuhan sih. Waktu itu saya memang butuh interaksi secara langsung dengan traveler asing berbagai profesi yang memilih dorm sebagai tempat penginapan mereka di Ubud, Bali. Dari perkenalan dengan mereka ternyata rata-rata tidak berkantong tipis, berstatus sosial middle up dan ada yang tinggal lebih dari sebulan. Sebenarnya mereka bisa saja nge-kost yang harganya jauh lebih hemat. Tapi pelayanan, kenyamanan, kebersihan, dan atmosfir kekeluargaan yang diciptakan pemilik, membuat mereka memilih dorm tersebut.

Itu sih, sedikit cerita pengalaman saya. Beralih dari pengalaman saya, dua minggu lalu sebelum ke Bandung saya sempat dilema antara menginap satu malam atau datang pagi dan pulang malam. Lucunya, ketika mau membuka media sosial Twitter yang kepencet malah aplikasi Traveloka. Bentuk icon dan warna yang sama di antara keduanya kerap bikin salah sentuh. Pernah nggak merasakan hal sama (jika kamu punya aplikasi Traveloka di smartphone)?

Traveloka book last minutes hotel
Traveloka book last minutes hotel

Booking Hotel Last Minute  Pakai Aplikasi

Saya teruskan saja membuka plus kepo cari hotel di Bandung. Hal pertama memilih menu “search hotel”, kemudian menentukan destinasi, jadwal, dan durasi menginap.  Setelah itu bakal keluar berbagai pilihan hotel, fasilitas, dan harganya. Kalau mau spesifik lagi, di bawahnya kita bisa memilih antara “Search”, “Sort”, dan “Filter”. Search bisa langsung mengetik nama hotel yang biasa menjadi langganan atau yang baru ingin dicoba. Filter berfungsi menentukan harga yang diinginkan. Sort untuk melihat rating, harga tertinggi, dan harga terendah.

Bagi saya, selalu suka melihat rating yang berlanjut membaca reviews – tidak semua review bagus, tidak juga jelek – inilah yang menurut saya dapat memengaruhi keputusan si calon tamu hotel. Harga dan review buat saya dapat membuahkan keputusan terakhir. Setelah menyelusuri hal-hal tersebut, saya menemukan menu yang saya tak pernah notice.

#Traveloka range per night

Entah menu baru atau menu lama, yaitu “Book Last – Minute Hotels”. Last minute? Menarik! Buat orang yang sering menggandalkan ‘semesta’ (hahaha) pasti senang dengan menu ini. Ya dunk, setidaknya adrenalin kekhawatiran tidak begitu tinggi. Eh, atau malah nggak suka ya tanpa aliran tinggi itu? Setidaknya, bagi orang yang tiba-tiba saja ada urusan penting dan harus pergi plus menginap, menu ini memudahkan mereka. Dengan memilih “book last minute hotels” tak lagi perlu pusing tujuh keliling karena khawatir tidak menemukan kasur . hahaha.

Dari menu ini kita bisa mengetahui harga (rate) terendah dan harga terbaik satu kamar untuk calon pemesan. Sebetulnya fasilitas Traveloka ini dikhususkan buat single night stays. Setelah memilih destinasi, kita akan ditanya “right away” atau “in the afternoon”. Tidak banyak pilihan untuk right away. Saya sih maklum, sebab pihak hotel selalu menyiapkan segalanya sesuai permintaan, mengikuti standar service mereka, dan sering kamar belum dibersihkan karena tamu baru saja check out.

#Traveloka novotel description

In the afternoon, saya banyak menemukan pilihan malah sesuai kebutuhan saya waktu itu. Soal harga juga tertera. Pilihan saya waktu itu http://www.traveloka.com/hotel/indonesia/novotel-bandung-76380

Dan saya juga melihat deskripsi fasilitas hotel yang ditawarkan mereka.

Jika sudah memilih hotel tersebut sebagai tempat rehat dalam sehari, seperti biasa kita langsung diarahkan konfirmasi dan pembayaran (udah pada tahu dunk sistemnya). Sama koq dengan sistem pembayaran issued tiket pesawat. Bisa pesan hotel di luar negeri pula.

Zaman memang semakin maju, maka semua menawarkan kemudahan-kemudahan atau unggulan yang menjadi poin plus. Hanya dengan genggaman tangan, apa yang kita inginkan dapat terwujud. Semua orang bisa saja nantinya memiliki aplikasi pribadi, blogger saja sudah punya koq. Suatu hari nanti kapasitas smartphone pun akan menyesuaikannya. Kita tunggu saja kemudahan-kemudahan apalagi yang ditawarkan Traveloka maupun aplikasi lainnya.

Ah, jadi pengen bikin aplikasi untuk fiksi.

5 Replies to “Booking Hotel Last Minute di Aplikasi Smartphone”

  1. Saya kapan hari pas lebaran juga booking hotel go show banget pake aplikasi ini. Dan malah dapet diskon 300 rebuan. Hihihi. Jadi next time mau pake lagi ajah.

Leave a Reply