Imajinasi Di Balik Desain Clothing Line

Kata orang Masa Depan dibangun dari sebuah imajinasi atau  mimpi. Apakah sama pengertiannya dengan cinta yang dibangun dari imajinasi? Bukankah mimpi itu berasal dari cinta terhadap seorang atau sesuatu yang sangat luas pemahamannya? Seseorang mempunyai kecintaan yang melahirkan mimpi semua orang, yaitu kebahagiaan. Kemudian terbitlah matahari kreativitas untuk melengkapi Majoli-nya. Imajinasi yang dibangun tentang keluarga yang notabene adalah  kebahagiaanya.

Bagi saya, nama Majoli terdengar akrab, di Bali ada suatu tempat yang sangat indah untuk menyaksikan sunset. Teringat itu, pikiran  langsung mengarah Majoli Familiy Clothing Line. Bagi Yovita Lesmana, pendiri Majoli Family, Majoli berarti “Kebahagiaanku”. Persis perasaan ketika saya memandang langit oranye bersama bulatan penuh bernama sunset di Ma Joli. Kurang jelas kosakata Majoli itu berasal dari bahasa mana, pastinya kebahagiaan Yovita ataupun saya adalah perwujudan dari sebuah mimpi yang bekerjasama dengan imajinasi.

Mendesain baju bukan keahlian Yovita, tapi ia punya imajinasi untuk mewujudkannya. Majoli Family berasal dari karakter-karakter di kepalanya yang dituangkan ke dalam desain pakaian atau clothing line. Apa yang ditampilkan pada tanggal 8 Juni 2016, Artotel Hotel, lagi-lagi mengingatkan saya pada karakter-karakter kaca, pintu, lampu, kursi, pot bunga, pewangi ruangan di toilet salah satu lantai gedung perkantoran. Karakter di kepala saya memang berbeda dengan karakter-karakter yang dimiliki oleh Yovita. Ia mengaplikasikan karakter-karakter yang ada di 1 keluarga pada clothing line. Saya menuangkannya melalui tulisan novel yang belum kelar-kelar. Menyebalkan! Apalagi melihat desain-desain Majoli Familiy semakin membuat tenggorokan saya seolah-olah sedang digorok.

Zata on Clothing LIne Majoli Family
Zata on Clothing LIne Majoli Family

 

 

Desain dan Karakter Majoli Familiy

Karakter-karakter yang dicurahkan Yovita Lesmana tumpah menjadi tokoh kartun Majoli Family. Karakter pertama yang diluncurkannya  di awal tahun 2016 bernama Hilla, seorang wanita karir yang kreatif, humble, dan classy. Desain-desain yang diproduksi untuk karakter Hilla cukup beragam, casual, simple, dan muda. Desain yang saya pakai berbentuk kaos panjang hampir  selutut, berlengan pendek yang digulung, dan ada gambar seorang wanita yang memegang secangkir kopi.

Yovita menceritakan tokoh pada baju yang saya kenakan adalah wanita yang suka menulis, membaca dan meminum kopi. Pas banget nggak tuh sama saya? Haha. Asyiknya lagi kaos yang saya pakai itu adalah clothing yang paling laris. Dipakainya juga enak, nyaman, dan tidak panas. Yang jelas model clothing tersebut sulit dicari dan memang saya suka desainnya dan berasa pas saja kalau dipakai.

Olin on Clothing LIne Majoli Family
Olin on Clothing LIne Majoli Family

Desain yang dikeluarkan tidak hanya satu, tapi bermacam-macam: dress, outfit, cardigan, dan pants. Dan semua ukurannya All size.

Setelah sukses dengan karakter Hilla, Majoli Family mengeluarkan karakter Kyo untuk segmen pria dan MarlonKliyon, segmen buat anak-anak. Karakter Kyo mengeluarkan produk t-shirt, bomber jacket, tas, dan jogger pants. Untuk anak-anak mengeluarkan model dress, kemeja, dan kaos. Majoli Familiy juga mengeluarkan desain clothing line untuk anak kembar sampai usia 9 tahun.

Clothing LIne Majoli Family

Beda wanita beda juga untuk pria dan anak-anak, jika buat wanita hanya mengeluarkan ukuran All Size, pria dan anak-anak mempunyai pilihan ukuran S, M, L, dan Xl. Harga jual clothing line Majoli Family berkisar Rp. 179.000,- sampai Rp. 229.000,- dan menargetkan kaum anak muda (SMA dan kuliah), Ibu Muda, Pria, dan anak-anak.

Bila saya  lihat model clothing-nya memang asyik dan catchy. Lucunya malah mengembangkan imajinasi saya terhadap karakter yang sama dan karakter karangan saya sendiri. Maklum, sehari tanpa berimajinasi bagi saya adalah kesakitan luar biasa.

Sebuah Mimpi Seorang Wanita

Kembali lagi pada imajinasi dan mimpi atau mimpi idem imajinasi. Yovita Lesmana  bakal meluncurkan film yang bercerita tentang hotel dan resto bernama Majoli Family. Karakter-karakternya jelas dari clothing line Majoli Family. Dan jelas lagi-lagi saya jadi membayangkan karakter-karakter tersebut masuk ke sebuah layar yang bercerita. Haha. Semoga keren hasil filmnya.

Majoli Anak

Di balik clothing Majoli Family ternyata ada puluhan anak muda kreatif yang menghasilkan produk Majoli family. Seperti yang saya tulis  di atas, Yovita tidak ahli mendesain, berarti siapa lagi yang ‘mencipratkan’ desain-desain tersebut. Anak-anak muda tersebut berasal dari berbagai kota di Indonesia dan digabungkan menjadi satu di Majoly Family.

Sejak dulu Yovita memang berjiwa sosial dan berempati pada hal yang berbau anak muda. Menurutnya banyak anak muda yang kreatif dan cerdas, namun sedikit yang mempunyai kesempatan.

Sejak dulu saya ingin membantu anak muda lewat mimpi dan  mengajak mereka untuk berkarir,” ucapnya yang juga menambahkan bahwa usahanya ini merupakan non-profit.

Yovita Lesmana (tengah)
Yovita Lesmana (tengah)

Anak-anak muda yang dijadikan staff-nya (31 anak muda) didanai dengan membantu mereka mengatur keuangannya. Misalnya diberikan dana seratus Rupiah: 50 untuk biaya sekolah, 20 membeli mesin jahit, dan 30 buat kebutuhan dan tabungan. Maksudnya agar mereka bisa mandiri dan menjadi entrepreneur yang sukses.

Yovita juga masih mengajak  anak-anak muda kreatif lainnya yang ingin membangun mimpinya untuk bergabung di Majoli Family.

Selain melalui imajinasi, ia juga selalu bertanya kepada teman-temannya produk apa yang dibutuhkan. Karenanya, Majoli Familiy tidak hanya mengeluarkan clothing line, tapi juga produk untuk liburan: travel kit dan alat tulis anak. Produk –produk Majoli Familiy dijadwakan keluar setiap musim dan berencana bekerjasama dengan KBRI di luar negeri. hal ini terkait mimpi yang ingin menjualkan produk Majoli Family sampai keluar negeri. ke depannya, Majoli Familiy juga akan pameran di Singapura. Semoga sukses Majoli Family. Teruslah  bermimpi dan berimajinasi!

Clothing LIne Majoli Family

Majoli Family Line: @majolifamiliy   Instagram: @majolifamily

15 Replies to “Imajinasi Di Balik Desain Clothing Line”

  1. Pas dateng ke launchnya kemarin agak merinding denger misinya mba Yovita, keren banget, salut. Produk2nya bagus, yang bikin orang2 muda kreatif, harga cukup afforadble, keren banget deh pokoknya…

  2. Luar biasa Mbak Sari. Yovita Lesmana Masih muda ya. Tapi pemikiran dan aksinya itu loh membuat kagum. Semoga ia makin sukses dan bertambah banyak anak muda lagi yang dapat inspirasi dari Majoli Family

  3. Konsepnya bagus yaaaa, warnanya juga asik bisa dipake semua orang hihihihi. Bajunya kece dan kitanya keceeeee BANGET hahahahhahaha. Nice post mba Sari :*

    1. Bajunya kece dan kitanya keceeeee BANGET hahahahhahaha —> whuahahahha…dasarrrr…Tengkyu Cinn

Leave a Reply