Tips Mencari Mobil Idaman, Baru Maupun Bekas

Harga mobil tidak murah. Pasti membutuhkan uang ratusan juta bahkan milyaran Rupiah. Semua orang tahu itu. Namun,  tidak jarang mereka bingung memilih mobil, dan ada juga yang tidak karena mobil tersebut telah lama menjadi incaran. Membeli mobil baru ataupun bekas yang terpenting adalah Jangan Salah Pilih. Apalagi sekarang perorangan, kelompok, kantor  ataupun keluarga yang ingin membeli mobil bisa dilakukan online melalui Mobil123.com. Pembeli dapat mencari kendaraan sesuai dengan kebutuhan, brand, perilaku, dan tujuannya, cukup melalui online.

 

Menurut Bapak Paulus Firmanto saat di Pisa Cafe Mahakam, 29 Maret 2016, faktor yang menjadi pertimbangan membeli mobil, salah satunya: melihat ukuran, bisa memuat berapa banyak anggota keluarga. Hal ini pasti banyak terjadi di masyarakat kita yang masih menganggap keluarga adalah nomor satu. Faktor lainnya yang menjadi bahan pertimbangan membeli mobil:

  • Harga yang terjangkau. Istilah lainnya “sesuai isi kantong”
  • Irit bahan bakar dan kemudahan melakukan perawatan
  • Resale value, apakah kendaraan yang dibeli masih mempunyai nilai bila dijual suatu hari nanti

Faktor tambahan lainnya, yaitu fitur keamaanan, desain yang kece plus bisa memberikan kenyamanan, fitur hiburan, seperti DVD, MP3, MP4, dan sebagainya.

Resale Value masih menjadi pertimbangan utama bagi masyarakat dalam membeli mobil atau motor. Meski, urutan utama/pertama setiap keluarga atau  orang berbeda-beda. Rata-rata semuanya kembali pada pengaruh motivasi membeli kendaraan tersebut. Yang dipengaruhi tingkat kebutuhan, perilaku/gaya hidup  konsumen, dan tujuan. Apa yang dipaparkan oleh Bapak Paulus Firmanto dari Mobil123.com memang benar adanya. Secara beliau telah pengalaman di bidang ini. Dan saat ini beliau masih menjadi Automotive Sales & Marketing Professional Advisor.

Urusan membeli mobil baru atau bekas, Bapak Aryo dari Auto 2000 memberikan masukan agar tidak salah pilih membeli mobil. Menurutnya, kendaraan apapun yang dibeli, tetap harus melakukan service berkala. Mobil yang selalu diservice atau dirawat, mempunyai keuntungan sendiri bagi pemilik. Selain, pengguna dapat merasakan kenyamanan, mobil bisa bertahan lama dan mudah dijual.

Alasannya, calon pembeli berikutnya akan melakukan hal sama seperti pembeli sebelumnya (pemilik mobil). Dalam membeli mobil bekas memang dibutuhkan cek yang tidak saja memerhatikan mobil tersebut mulus atau tidaknya. Nah, di bagian ini Bapak Aryo memberikan tips-nya untuk calon pembeli dalam membeli mobil baru atau mobil bekas.

Tips untuk membeli mobil baru:

  • Lihat kebutuhannya
  • Mobil seperti apa yang sesuai dengan karakter si calon pembeli
  • Harga
  • Resale Value

Tips untuk membeli mobil bekas:

  • Lihat Service History-nya. Calon pembeli perlu memerhatikan tahun berapa mobil tersebut dibeli, harga, sudah berapa kilometer, dan bagaimana keadaan mesinya sekarang.
  • Apakah mobil bekas yang ingin dibeli telah diganti onderdilnya
  • Apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan, khususnya menubruk/ditubruk

Dengan melihat Service History dan perawatan yang masih bagus, biasanya calon pembeli tidak masalah bila harga mobil tersebut mahal/tinggi. Inilah yang dimaksud keuntungan jika pengguna/pemilik mobil rajin melakukan service berkala dan perawatan.

Mobil bekas juga banyak yang dibeli dari mobil bekas taksi biru. Jenis taksi biru yang biasa dijual ke masyarakat: Vios, Limousine, Alphard, dan lain-lain. Untuk melihat apakah mobil bekas tersebut pernah digunakan taksi atau tidak, bisa melihat kode plat-nya (OX, OD, OG). STNK-nya pun masih nama perusahaan.

Untuk memeriksa Service History, calon pembeli bisa melihatnya di Auto 2000. Dapat menghubungi Call Center Auto 2000: 1500898. Selama mobil bekas yang masih dipakai, data history-nya dan nomor mesin mobil masih tersedia. Begitu pula data service history mobil bekas taksi. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir mengenai hal ini.

Jika calon pembeli ingin membeli mobil baru atau mobil bekas melalui  mobil123.com bisa melakukan test drive terlebih dahulu. Aiy, oke juga ya pelayanannya. Mobil-mobil yang dijual di Mobil123 telah melewati verifikasi. Bahkan verfikasi untuk dealer-nya. Dan juga ada advisor-nya.

Sekarang tidak perlu bingung membeli mobil baru atau mobil  bekas. Semuanya kembali kepada keputusan calon pembeli. Jangan Salah Pilih.

10 Replies to “Tips Mencari Mobil Idaman, Baru Maupun Bekas”

  1. Banyaknya situs jual beli mobil memungkinkan kita bisa mencari dan menemukan mobil idaman yang baik dan sesuai kondisi keuangan.
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Jombang

    1. Oya Pakde enak skrng, jadi udah incar-incar-nya kalo sekrng..Terima Kasih kembali, Pakde. Salam Hangat Dari Bintaro untuk Keluarga

  2. Ternyata beli mobil bekas dan baru juga harus lebih slektif ya biar tidak salah, dan yang paling penting itu harganya sesuai dengan uang yang di miliki, terima kasih mbak infonya bermanfaat sekali 🙂

  3. Beli mobil bekas mesti pilih2 jangan sampai salah pilih
    Kejadian temen ku beli mobil bekas dan ternyata bekas tabrakan jungkir balik meskipund ah rapi tapi tetep aja nyesek

    1. aduh ngak enak banget itu..untung skrng udah ada pengecekan atau data historis..milih mobil memang perlu hati-hati kyg milih jodoh lah..Eh..

Leave a Reply