Belajar Menjahit Bersama Brother Indonesia

Sebelum kehadiran komputer (PC),  Brother pernah terkenal  dengan produksi mesin ketiknya, saya pun sempat memilikinya. Sejak beroperasi di Indonesia bulan Juni 2009, Brother Indonesia tidak sekadar punya mesin ketik. Tapi ada juga Printer, Scanner, Mesin Faks, Labellers, dan Sewing Machine. Mesin jahit? Yup, saya saja kaget. Ditambah melihat mesin jahit Brother yang bentuknya cantik, simple, dan tidak besar. Terkejutnya lagi saya bisa gunakan mesin jahit ini secara mudah.

Menjahit? Jujur saya tidak punya keahlian di bidang ini. Untungnya Tuhan memberikan kesempatan melalui tangan Brother dalam “Home Sewing Workshop & Blogger Gathering”. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 13 Febuari 2016, Pizza Express, Senayan City adalah hari yang bikin saya terkejut berkali-kali. Pertama, Brother yang memproduksi mesin jahit. Kedua, diundang dan diajak berpartisipasi menjahit boneka Foxy. Ketiga, saat mencoba mesin jahitnya yang ternyata mudah banget digunakan. Keempat, pulang membawa mesin jahitnya. Kurang terkejut bahagia apa saya di hari itu?

Di hari yang sangat dekat dengan hari Valentine. Brother pun mengajak semua untuk menjahit boneka bertema “Foxy I’m in Love”. Acara dimulai dengan Home Sewing Workshop yang terbuka untuk umum. Kemudian dilanjutkan dengan Blogger Gathering.

Ketika datang, saya melihat pola-pola yang telah dipotong, awalnya saya berpikir kami juga akan belajar mengenai itu. Tapi, mbak Luke men-direct saya dan teman-teman blogger belajar mulai dari mengambar mata dan bibir. Lalu menjahit mengunakan tangan apa yang sudah digambar tersebut.

Menjahit Bersama Brother Indonesia-Photo by Ary Mozta
Belajar Jahit Boneka Foxy bersama Brother Indonesia. Foto Dokumentasi: Ary Mozta

Setelah itu, satu per satu duduk di kursi bersama meja yang telah tersedia mesin jahit berwarna pink. Dituntun oleh Mbak Luke cara pengunaannya, saya langsung mengaplikasikannya. Ternyata beda banget dengan mesin jahit model lama. Meski saya pemula, mesin jahit ini tetap bisa digunakan secara mudah. Hasil jahitannya pun rapi. Saya sempat mengucapkan, “wow” dalam hati. It was fun belajar menjahit bersama Brother. Thank You, Guyz. Pula menyenangkan mengunakan mesin jahit ini.

Mesin Jahit Brother Tipe AS2730S

Sewing machine AS2730S bisa digunakan oleh siapa saja, bahkan pemula (sudah saya buktikan). Mesin jahit ini bisa membuat bordir,  baju, boneka, bantal, taplak meja, tas, dompet, dan lainnya, bahkan bisa membuat lubang kancing pada baju. Tapi caranya tentu bukan ditempelkan, ada setting-an tersendiri yang bisa dipelajari dengan mudah, hanya satu langkah. Enaknya lagi untuk mengunci jahitan, cukup menekan tombol yang otomatis mundur. Sebelumnya, dijahit lebih dahulu beberapa milimeter.

Mesin jahit tipe AS2730S juga tersedia lampu LED. Kece, kan? Ada tombol pengatur panjang dan lebar jahitan. Ukuran panjang maksimal 4 mm dan lebar maksimal 5 mm. Mengaturnya hanya memutar tombol tengah dan sebelah kiri yang terletak di atas. Tombol tengah untuk mengatur lebar dan tombol kiri untuk mengatur panjang jahitan. Kerenggangan atau keketatan benang pun bisa diatur memutar tombol sebelah kanan bagian atas. Dan sudah ada angka-angka sebagai petunjuknya.

Selain itu bisa menjahit dengan benang yang jadinya bisa  lurus maupun zigzag (Zigzag Foot). Maksudnya terdapat 27 jenis jahitan yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Untuk foot control-nya pun tidak perlu menekan dengan membutuhkan tenaga. Slowly but sure.

Mesin Jahit Tipe AS2730S Brother by Sari Novita
Mesin Jahit Brother Type AS2730S 

Di mesinnya tertera jelas jenis jahitan yang diinginkan. Kita tinggal mengikuti dan memutar tombol bulat besar yang tampak seperti gambar di atas. Untuk menaikan atau menurunkan stitch, cukup menaikan tombol kecil yang terlihat bila berhadapan dengan mesin. Saat menjahit boneka di mesin ini tidak banyak tombol-tombol maupun setting-an yang digunakan. Saya hanya mengunakan tombol-tombol yang telah disebutkan di atas.

Simple-nya lagi, tidak perlu gunting untuk memotong benang, karena tersedia pemotong benang di samping mesin jahit. Ukurannya tidak besar tapi terlihat jelas. Hanya menaruhkan benang dan sangat sedikit menekan, benang sudah putus. Menurut saya mengunakan mesin jahit ini bisa memangkas waktu. Jalannya mesin pun cepat, sehingga untuk menyelesaikan jahit bisa dengan cepat pula. Mempelajarinya fitur-fitur pun tidak butuh lama. Simple, fast, and easy.

Sewing Machine Brother AS2730S (2) by Sari Novita
Mesin Jahit Brother Type As2730S

Dinamakan Home Sewing Machine karena tentu bisa digunakan di rumah dan hemat listrik. Bagus, kan buat yang berumahtangga? Mesin jahit ini hanya mengunakan 51 Watt. Ukurannya berdimensi panjang 450 x 200 (L) x 380 (T) mm. Desainnya simple dan serunya jika membeli mesin jahit ini diberikan buku tipis cara membuat bantal, tas, dan sebagainya. Asyik nggak, tuh? Dan tidak perlu khawatir bagaimana cara memasang benang ataupun cara menggunakan mesin jahit ini. Karena ada buku dan DVD yang bisa diikuti dengan jelas dan mudah.

Saya sih pengen membuat tote bag karena sudah ada petunjuk caranya. Siapa tahu saya bisa bikin yang keren dan nantinya bisa dijual. Who knows? Karena menjadi blogger pun tidak pernah terlintas di kepala saya sebelumnya. Bisa dikatakan, bagi saya Mesin Jahit Brother ini merupakan investasi. Invetasi yang bisa jadi investasi tak terduga. Walaupun berawal dari tidak bisa apa-apa (menjahit) karena semua dimulai dari nol, bukan? Hehe

Apalagi buat yang sudah memiliki keahlian atau sedang menuju ke arah sana, mesin jahit Brother bisa  sangat membantu. Yang tadinya menjahit dengan tangan, mengunakan mesin lama, melalui mesin jahit Brother menjahit bisa diselesaikan secara cepat dan otomatis efesien. Bagi yang memiliki bakat dan kreativitas di bidang ini, pasti senang memiliki Sewing Machine Brother. Saya saja senang, terlebih lagi lihat Mama yang saat tahu mesin jahit ini bisa bordir, senangnya minta ampun dia. Plus  produk-produk Brother yang memang diakui berkualitas bagus dari dulu sampai sekarang.

Foto di bawah ini adalah salah satu teman yang hadir di acara ini. Pekerjaannya sebagai pembuat boneka dan produknya sudah dijual sampai ke luar negeri. Sebelum diinfokan bakal menerima mesin jahit, dia sempat berucap,”Naksir nih gue sama mesin jahitnya.” Setelah diberitahu masing-masing silahkan membawa pulang mesin jahit Brother AS2730S, dia langsung teriak senang, happy. Tuh, kan apa yang saya bilang mesin jahit ini hadir untuk siapa saja, pemula, pelajar, Ibu rumah tangga, bahkan profesional.

12803304_10208835477473960_7444640258370363603_n
Salah satu pembuat boneka yang happy banget dapat sewing machine Brother
Boneka Foxy-Sari Novita
Hasil jahitan boneka foxy saya. Kempess haha

Luke, Guru Menjahit Brother by Sari Novita
Mbak Luke yang mengajar Home Sewing Workshop & Blogger

 

Belajar menjahit bersama Brother Indonesia -by Brother
This is us! Menjahit Bersama Mesin Jahit Brother Type AS2730S. Foto Dokumentasi: Brother Indonesia
Sewing Machine Brother AS2730S dalam dus -by Sari Novita
Sewing machine Brother As2730S. Bungkusss

Facebook Brother Indonesia : https://www.facebook.com/Brother.ID/

FB Brother Indonesia : FB Brother Indonesia Sewing Club

Twitter : Twitter Brother Indonesia

Instagram: Instagram Brother Indonesia

21 Replies to “Belajar Menjahit Bersama Brother Indonesia”

  1. Mesin jahit sekarang tipe jahitannya bisa diatur ya Mbak. Jaid inget jaman kecil dulu selalu lihat Ibu saya menjahit tanpa ada settingan macem-macem. Enak ya mesin jahit jaman sekarang. Jadi mupeng. Hehehe. Hobi bantuin Ibu saya dulu soale.

  2. Mupeng sama mesin jaitnya….
    Selama ini kepingin punya banget tapi masih hunting yang bagus untuk pemula yang mana.

    Sepertinya saya akan memilih brother hehehe. Thanks infonya ya.

    1. sama Toossss, tapi kalo emak gw udah dikasih orang…lagi postpone dia menjahit, sejak nonggol Brother, emak gw langsung bikin jadwal

Leave a Reply