Pengen Jago Motret? Pakai Kamera Ponsel Saja

Percaya nggak kalau foto-foto di atas dan di bawah ini  hasil foto dari smartphone? Yup, tajam dan oke ya kualitasnya.

Jangan sedih, kita-kita juga bisa dapetin foto oke kayak seperti itu kok dengan mengunakan  smartphone kita. Asal, banyak-banyak latihan, buat upgrade skill gitu lah. Plus ikutin tips-tips ini yang mungkin bisa berguna.

Hasil-Foto-Huawei-Honor-6-Plus-2-640x480
Foto Hasil dari Huawei Honor 6

 

  1. Ambil gambar dari berbagai angle

Enaknya pake smartphone, lebih ringkas dan nggak berat seperti kamera DSLR. Jadi, coba ambil foto dari atas, bawah, samping, sambil jongkok, sambil kayang, terserah! Ponsel itu ringan dan gampang dikendalikan, jadi kita bisa mengambil foto dengan perspektif yang mungkin nggak bisa dicapai oleh kamera besar/ profesional.

  1. Bereksperimen dan foto sebanyak-banyaknya!

Jangan takut motret sebanyak-banyaknya, soalnya kebanyakan orang cuma memotret yang dia lihat bagus, lalu ambil gambar 1 atau 2, terus langsung merasa puas. Kadang-kadang perubahan cahaya bisa mempengaruhi foto jadi lebih menarik, jadi foto-foto dan terus foto.

  1. Tunggu cahaya yang pas

Kuncinya fotografi itu ada di cahaya, jadi perhatikan terus cahaya yang menyinari objek. Buat sekedar contoh, kalau kamu suka foto sunset, coba ambil foto saat matahari mau hilang tapi sebelum langit gelap atau yang biasa disebut golden hour. Saat itu biasanya langit masih ada cahaya matahari, tapi masih terlihat corak biru di antara awan, jadi akan terlihat banyak campuran warna di langit. Ini bisa jadi waktu yang seru banget buat eksplorasi dengan smartphone.

hdr
Hasil Foto dari Huawei G8

Khawatir soal minim cahaya karena harus memotret saat gelap/ malam hari? Coba ulik kembali kamera ponselmu dan gunakan fitur untuk low light performance, seperti yang terdapat pada ponsel Huawei G8.

12393584_978006492259732_1223317368_n
Hasil foto dari Huawei G8
  1. Dekati objek foto sedekat mungkin

Banyak orang merasa puas sama foto yang diambil dari jauh dan terlihat samar. Padahal, lebih asik lho kalau bisa mengambil gambar dari jarak sedekat mungkin. Hasilnya lebih detil dan kita pun jadi menemukan banyak hal menarik dari detil tersebut. Jangan sampai merasa terbatas, yuk dekati objeknya sedekat mungkin!

Contohnya seperti foto makanan ini. Beberapa kamera ponsel, memiliki fitur pada yang dapat membuat hasil foto makanan jadi semakin sedap dipandang dan menggiurkan, seperti fitur GoodFood pada Huawei G8 ini.

nfd
Hasil Foto dari Huawei G8 – GoodFood mode
  1. Maksimalkan kamera yang ada di tanganmu

Selalu ingat, hasil foto smartphone bukan berarti bakal kalah dari hasil foto DSLR. Yang penting momennya! Kamera DSLR sekali pun nggak akan bisa menangkap momen kalau kamu kurang jeli terhadap hal-hal di sekitarmu. Yuk, latihan dan asah terus skill-mu!

Paling asyik sih kalau smartphone-mu juga punya kapasitas kamera yang mumpuni seperti Huawei G8. Huawei G8 ini punya kapasitas kamera sebesar 13MP di kamera belakang dan 5 MP di kamera depan. Yang bikin lebih mantap, kamera Huawei G8 dilengkapi dengan optical image stabilization dan lensa wide angle 28mm yang membuat hasil foto tajam bahkan memotret saat goyang atau banyak gerak.

Penasaran seperti apa smartphone ini? Ini dia penampakannya. Selebihnya, cekidot langsung ke Google ya.

201509080147191825

31 Replies to “Pengen Jago Motret? Pakai Kamera Ponsel Saja”

  1. Kalo buat tayang di blog, secanggih apapun camera HP, tetep aja gw kurang sreg. Lebih demen pake mirrorless kesayangan ku hahaha.
    Dan juga gw suka cetak foto gede2 buat di pajang di kamar jd butuh file yg bagus

    1. jujur, aku seiman..tp HP bisa dibawa ke mana-mana, momen kapan pun bisa tertangkap krn tiap hari n saat hp dibawa..jiahhh

  2. waah iya mba harus lebih sering photo pake hp nih, walaupun hasilnya belum bagus. Memang kadang bukan kamera apa yg dipakai, tapi momentnya..

  3. huhuhu aku udah sering coba mba Sari, cuma masih belum bagus hasilnya.. kayaknya efek tangan gemeteran nih hihihi..
    Btw itu hape kameranya keren banget ya mba?

  4. Duh, sekarang banyak ya ponsel yang kualitas fotonya kece-kece.
    Kadang dilema beli kamera apa beli ponsel yang bagusan sekalian buat nge-blog.
    Kalo beli kamera, mindahin ke ponselnya repot.
    Kalo beli ponsel berkamera bagus, biasanya baterai cepat lowbat krn sekalian buat sosmed.
    Aku kudu piye, Mbak?

    Hahaha ini malah jadi curcol di kolom komentar orang. Punteeen. :p

    1. hahhaha..beli kamera yang bisa nyambung ke socmed atau beli genset buat isi hp..hahhahaha…#JustKidding

  5. Motret pake smartphone memang praktis ya mba, aku juga sering pake. Kombinasi sebetulnya dengan mirrorless juga.. hehehe. Di momen tertentu emang enakan pake smartphone, ga mencolok dan ribet :D.

  6. aihh.. kameranya 13MP ya jelas beda hasilnya sama punyaku yg 3MP, tapi di FOPONSI banyak juga mbak foto kece yang bahkan hasil dari kamera 2MP. Kayaknya lebih ke teknik ya Mbak

  7. Oh jadi gtu ya mbak. Aku kirain klo pake SLR bisa lbh bagus dr hape. Aku jg seneng banget motret2 dr berbagi angle. Nanti tinggal dpilah2 mana yg oke. Mksih ya mbak tipsnya. Btw, aku fol. Folbek yah. Maacih mbak

  8. Yeay, baru tau kalau kamera ponsel Huawei juga handal. Makasih reviewnya lho. Selalu senang motret dengan menggunakan ponsel, dan selalu blur karena tidak teguh memegangnya, haha. Akibatnya, madame X dikira Mrs. Y kerna tak tampak jelas wajahnya 😀

Leave a Reply