Fotile, Solusi Keluarga Mencegah Dampak Buruk Asap di Dapur

Fotile-Range Hood
Fotile-Range Hood

Indonesia  memiliki aneka cipta kuliner yang dikenal sampai ke luar negeri. Masyarakat Indonesia senang makan, juga senang memasak. Dapur menjadi ruang kreativitas, eksplorisasi, dan pemenuhan kebutuhan pokok bagi keluarga setiap harinya. Perlengkapan  dapur pun menjadi hal penting dan tidak bisa dikesampingkan. Sejak jaman dulu hingga masa kini yang penuh teknologi canggih, kompor merupakan salah satu perlengkapan utama kebutuhan bagi manusia. Berawal dari Tungku api tanah liat di masa Dinasti Qin, 221 – 260 SM, yang mengunakan bahan bakar kayu atau batubara, kemudian revolusi jaman menuntut manusia untuk melahirkan kompor sesuai kebutuhan dan perkembangan jaman.

Sejarah kompor listrik kali pertama muncul di tahun 1820 dan masih  berbentuk eksprimen, juga bersifat rahasia. Tahun 1851, barulah diperkenalkan kepada masyarakat di World Fair, London. Kemudian, tangal 20 September 1859, George B. Simpson, Washington DC mematenkan kompor jenis listrik yang mengunakan pemanas dari kumparan – energi listrik diubah menjadi energi panas. Di tahun 1970, kompor jenis tersebut diganti dengan glass-ceramic, sehingga tidak menimbulkan bau dan asap.

Peluncuran Produk Fotile, 7 Mei 2015, Hotel Indonesia Kempinsky

Merk Fotile yang berasal dari Cina dan memproduksi bermacam kompor listrik, tanggal 7 Mei 2015, di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski,  meluncurkan produk-produk kompor cantiknya kepada masyarakat Indonesia.Ada 6 jenis produk kompor listrik yang ditawarkan Fotile Indonesia, yaitu: Range Hood, Cooktop, Oven, Steam Oven, Microwave, dan Sterilizer. Ke-6 produk tersebut mempunyai keunggulan yang dapat menjadi solusi permasalahan setiap keluarga bila berada di dapur. Mengapa dibilang solusi?

Kembali ke karakteristik kebanyakan orang Indonesia kerap memasak menggunakan minyak, kepanasan api yang tinggi, dan pemanggang, menimbulkan permasalahan, seperti; tetesan minyak di mana-mana, api kompor yang tidak stabil, asap yang memenuhi ruangan, sumbu gas yang meledak, sisa-sisa bahan masak yang suka membuat gemas untuk dibersihkan, penggunaan gas yang boros, dan hal lainnya. Masalah yang paling sering dihadapi biasanya asap dan tetesan minyak. Menurut penelitian, asap-asap yang hadir ketika kita memasak atau sesudahnya, banyak menimbukan dampak negatif bagi tubuh manusia. Asap tersebut berdampak pada kesehatan manusia, bisa mengakibatkan Kanker paru-paru, Asma, iritasi mata, kulit wajah, kehilangan selera, dan lainnya seperti gambar di bawah ini.

Dampak Kesehatan yang disebabkan oleh Asap
Dampak Kesehatan yang disebabkan oleh Asap

Pengalaman orang-orang yang kerap mempunyai masalah di dapur, Fotile bekerjasama dengan IDEO Company – perusahaan yang membantu Apple mendesain iPhone – merancang perangkat dapur yang mudah digunakan, meminimalisasikan dampat kesehatan negatif, kuat dan efisien, modern, dan canggih. Tentu juga dapat memberikan solusi bagi penggunannya dan orang-orang yang berada di sekitar dapur.

Produk Fotile memiliki teknologi rangehood dan EPS (efficient powerful safety), berfungsi sebagai penghirup dan pembakar sehingga mampu menyerap asap dan bau. Rangehood terdiri dari Filter berbentuk persis piramid dan di bawahnya ada tempat berbentuk kecil transparan (seperti kaca plastik) – kita bisa melihat minyak yang diserap, berguna untuk meningkatkan pemisahan minyak, mengurangi resistansi angin dan memperpanjang waktu saat pembersihan pada filter. Sehingga minyak-minyak dapat diserap dan terkumpul di satu tempat(filter). Kita pun bisa mudah membuang minyak (lemak) dan memasang filter kembali ke tempat semula. Filter ini juga dirancang agar aliran udara bergerak ke belakang untuk memaksimalkan tenaga tarik hood, sehingga tidak berisik.

Fotile -Filter Rangehood

Fortile- Filter
Fotile- Filter

Rancangan produk Fotile pada ventilasi atap dapur, dari kipas angin yang kuat dan tidak berisik, membuat CFM tinggi dan dapat memberikan performa tinggi untuk pengguna. Sirkulasi udara dan bau tak sedap membuat dapur kita mudah dibersihkan dan dapur menjadi bersih sekaligus nyaman dan aman digunakan setiap saat. Fotile Indonesia memberikan garansi selama 3 tahun bagi konsumennya, harga produk berkisar antara Rp.7.000.000,- sampai Rp.15.000.000,-

Produk-produk Fortile

-Sumber sejarah kompor : http://asal-usul-motivasi.blogspot.com/2010/10/asal-usul-kompor.html

– Sumber gambar pertama : Situs Fotile.co.id

Leave a Reply