Gunakan Hak Pilih Anda dalam Pilpres 9 Juli 2014

Capres-Cawapres

Debat Capres-Cawapres telah berhasil digelar pada hari Sabtu, 5 Juli 2014. Kelima acara debat Capres-Cawapres yang telah disaksikan rakyat Indonesia sudah semestinya Anda sebagai warga negara Indonesia mengunakan Hak pilih dengan mencoblos pilihan Anda. Untuk menguatkan pilihan Anda dan bagi yang masih bingung (galau) menentukan pilihan, semoga tulisan ini bisa membantu Anda. Ups, bukan bermaksud kampanye, tulisan ini hanya sebuah tulisan dari saya yang mendukung Prabowo-Hatta. Rasanya tulisan mengenai Jokowi-JK pun banyak ditulis dan tersebar di media online. Tentu, saya tidak perlu menuliskannya kembali. So, gunakan hak pilih dengan bijak.

Debat kali ini dibawakan oleh moderator, Prof. Sidharto P. Hadi, Mes, Phd, memandu 5 sesi bertema Pangan, Energi, dan Lingkungan. Sesi pertama penyampaian visi-misi dilakukan oleh Cawapres, Hatta Rajasa. Berikut  ucapan Hatta Rajasa yang saya kutip;

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia. Pemenuhannya adalah hak asasi manusia yang dijamin oleh Undang-undang. Oleh sebab itu, negera berkewajiban memenuhi ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup, terjangkau harganya, terakses dengan mudah oleh seluruh lapisan masyarakat. Oleh sebab itu, Prabowo-Hatta berkomitmen dengan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, ketahanan pangan, dan keamanan pangan. Prinsip inilah yang kami kembangkan ke arah sasaran dan kebijakan. Pertama: Kita harus menyediakan pangan dalam kecukupan. Kedua: Pangan harus terjangkau oleh seluruh masyarakat. Ketiga: Kita juga harus mengembangkan diversifikasi pangan kita. keempat: Bagaimana upaya kita untuk meningkatkan kualitas pangan dan gizi masyarakat, dan program yang lainnya adalah medikasi agar tidak terjadi kerusakan pada pangan kita. Di bidang energi, pertama; mengembangkan dan meningkatkan produksi migas; kedua mengurangi impor ; ketiga yang tidak kalah penting adalah melakukan penghematan; keempat, melakukan diversifikasi energi dengan mengembangkan energi baru. Di lingkungan hidup, kita tahu penerapan prinsip sustainable development menjadi keharusan bagi kita. Oleh sebab itu, kita arahkan kebijakan kita, pertama: lingkungan hidup untuk mengatasi global climate  changed. kedua: Melakukan konservasi agar ekosistem kita tetap terpelihara dan terjaga. Ketiga: Bersungguh-sungguh mengatasi, meningkatkan kualitas air, udara, tanah. Keempat adalah bagaimana upaya kita agar prinsip-prinsip dasar konsep sustainable  development menjadi prinsip pembangunan paskah millenium development goals. Inilah prinsip-prinsip yang ingin kami kembangkan, apabila rakyat memberikan mandat kepada kami. Dan yang penting adalah lingkungan hidup bukan suatu warisan tetapi titipan generasi-generasi ke depan yang harus kita pelihara, ditingkatkan kualitas lingkungan hidupnya, agar generasi mendatang hidup lebih baik daripada kita. Terima kasih, Wasallam, Wr Wb.” 

Sustainable development: Pembangunan berkelanjutan. Adalah prinsip visi misi Prabowo-Hatta  yang ditekankan saat debat Cawapres kemarin, 29 Juni 2014 dan debat Capres-Cawapres, 5 Juli 2014. Yang berarti Prabowo-Hatta memiliki tujuan membangun bangsa di segala bidang dengan pembangunan yang terus dilakukan – tidak berhenti – pengembangan dan peningkatannya sampai generasi selanjutnya. Bagi saya, prinsip tersebut wajib didukung pelaksanaanya, malah kita pun perlu ikutserta menjalankan prinsip ini demi masa depan Indonesia. Ya, mengapa kita tidak mulai dari hal paling kecil untuk diri sendiri, kemudian untuk lingkungan, keluarga dan negara kita.

Sesi selanjutnya, sang moderator menanyakan apa upaya Prabowo-Hatta melaksanakan visi misinya di bidang pangan. Kali ini giliran Prabowo yang menjawab dan menjelaskan mekanisme pelaksanaan dari yang disampakan Hatta. Menurut pengamatan dan evaluasi Prabowo,Pendekatan dilakukan dengan memperbaiki pupuk. Jenis pupuk yang dipakai di Indonesia masih ketinggalan dan perlu menggunakan pupuk majemuk yang spesifik. Lanjutnya, sampai saat ini, Indonesia baru menggunakan pupuk majemuk hanya beberapa  sebagian kecil saja. Artinya perlu ada pupuk untuk jagung, beras, ubi, dan sebagainya, secara khusus – tidak satu pupuk untuk semua objek pangan. Dengan memberi pupuk majemuk  umum saja dari lahan yang ada, Indonesia bisa meningkatkan produksi 40% dan sudah dibuktikan di seratus kabupaten seluruh Indonesia dan berhasil. Peningkatannya rata-rata 41% dari intensifikasi. Tapi masih membutuhkan penambahan yang tadi diperkirakan oleh Kementrian Pertanian, 730.000 hektar yang hilang, 2015, berarti seandainya Prabowo-Hatta menerima mandat dari rakyat, ke depannya direncanakan menambah 2 juta hektar sawah baru untuk menutupi 730.000 hektar. Prabowo yakin strategi intensifikasi, ekstensifikasi, distribusi, pengairan, perbaikan irigasi, penambahan bendungan, membutuhkan usaha yang sangat besar. Dan Prabowo-Hatta Siap Melaksanakannya!

Pertanyaan berikutnya dari moderator, “bagaimana upaya untuk menata ulang di sektor energi?”

Hatta Rajasa tetap mengatakan “sustain” terhadap sektor energi. Strateginya, melakukan eksplorisasi cadangan, mengembangkan sumur-sumur tua dengan teknologi enhance oil technology recovery (meningkatkan teknologi minyak pemulihan), tetapi ini merupakan jangka pendek. Yang terpenting adalah insentif, riset, spending untuk meningkatkan dan pola bisnis yang menarik.  Diutarakan juga, meningkatkan bauran energi sampai tahun 2020 setidaknya mencapai 20% – rencana Pemerintah sebelumnya di tahun 2025 atau 2030. Penghematan energi pun perlu dilakukan. Hatta berkesimpulan, peningkatan eksplorasi cadangan, memberikan BUMN porsi lebih besar untuk meningkatkan cadangannya dan dfiversifikasi energi, terakhir, penghematan energi perlu dilakukan di dalam visi-misi Prabowo-Hatta. Jelas, penyampaian Hatta menandakan beliau adalah seorang yang ahli di bidangnya dan niat  serta kerjanya membangun bangsa ini selalu berapi-api tidak pernah padam.

Sesi selanjutnya,, Prabowo menuturkan, bahwa penyebab masalah kerusakan lingkungan hidup adalah daya dukung bumi, daya dukung wilayah teritorial bangsa Indonesia sudah sangat berat untuk menampung ledakan penduduk. Tiap tahunnya negeri ini harus menerima  tambahan 5 juta warga baru, 5 juta mulut baru yang harus disiapkan semua fasilitas yang dibutuhkan oleh 5 juta warga. Hal tersebut bisa mempercepat proses kerusakan lingkungan. Ditambah kurangnya regulasi dan pengawasan. “Dilema. Bagaimana ingin mempercepat pertumbuhan tanpa menciptakan lapangan kerja? Strateginya adalah strategi yang disebut “Strategi Banyak Jalur,” melalui pendidikan bagi rakyat yang bisa menanamkan pengertian antara hubungan ekonomi dan perlunya menjaga lingkungan. Tidak bisa tidak harus mengejar pertumbuhan ekonomi. Pendidikan harus didorong dan menjadikan sektor inventasi yang besar. Dari kedua jalur tersebut, dapat memberikan keseimbangan pertumbuhan yang tinggi, keadilan, dan menjaga lingkungan hidup yang sangat vital bagi pelestarian masa depan anak-anak dan cucu-cucu kita.

Di dalam pernyataan Prabowo tersebut, beliau sangat memikirkan masa depan rakyat Indonesia. Strategi-strategi dipikirkan secara matang, tidak hanya untuk saat ini, melainkan untuk hari ini dan masa datang. Sebuah konsep pemikiran jangka panjang yang begitu saja spontan keluar dari bibir Prabowo. Hatta pun kembali menegaskan konsep “Sustainable development dan Millennium Development Goals” harus konsisten dijalankan. Saya rasa mereka berdua, cukup terperinci dan sistematis memaparkan visi misi, dan disertai pula keinginan sekaligus cinta yang besar terhadap negeri ini.

kemudian, Saat Jokowi-JK menyebutkan soal Mafia dan maling, Prabowo cukup lapang dada menerimanya. Bahkan, Prabowo tidak membantah pernyataan JK. Beliau pun mengajak Jokowi-JK untuk intropeksi diri dan mengakui kenyataan, bahwa kubu mereka ada kekurangan – perkara Indosat yang dijual oleh kubu Jokowi-JK. Berkali-kali, Prabowo-Hatta menerima cacian dan fitnah, tetapi Prabowo masih saja menghadapinya secara humble, tidak membalas hujatan, tenang, malah berkata,”Jangan membalas, mereka adalah saudara kita.” Bagi saya kepribadian Prabowo ini sangat mengesankan. Jarang diketemukan orang seperti beliau. Orang-orang pun banyak  mengatakan beliau adalah sosok tegas yang buas. Bah, tegas diartikan kemarahan dan buas. Sungguh mengelikan. Tegasnya Prabowo merupakan ketegasan rasa, pikiran, sikap dan perilaku terhadap apa yang menjadi permasalahan di negeri ini. Suatu bentuk ketegasan yang kukuh untuk menjalankan kemajuan pembangunan Indonesia. Ketegasan yang berasal dari seorang lelaki yang juga rakyat Indonesia dan besarnya cinta terhadap bangsa Indonesia. Suatu  ketegasan yang apa adanya.

Pernyataan terakhir dari Prabowo:

Pada 9 juli yang akan datang, rakyat Indonesia akan memilih pemimpinnya. Kami, Prabowo-Hatta dan koalisi pengusung, berjanji kepada rakyat Indonesia, bahwa apabila kami menerima mandat dari rakyat Indonesia, kami akan bekerja sekeras tenaga kami untuk mengutamakan kesejahteraan, kemakmuran, dan kedaulatan bangsa Indonesia. Kami ingin membangun bangsa yang terhormat, bangsa yang berdiri di atas kaki sendiri, bangsa yang produktif, tidak hanya membeli barang dari negara lain, tetapi bangsa yang bermartabat yang bisa membuat dan menjual barang-barangny sendiri. Kami, koalisi Merah Putih akan berjuang untuk rakyat Indonesia hidup sejahtera, hidup dengan layak, sebagaimana diharapkan oleh pendiri-pendiri bangsa kita, dan sebagaimana yang dicita-citakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Terima kasih seluruh rakyat Indonesia dari kami. Kami juga akan menghormati keputusan rakyat Indonesia, apa pun keputusan itu, kami akan menghormati demi negara, bangsa dan rakyat yang kita cintai. Wassallam, WR, WB.”

Dan janji bagi Prabowo adalah sakral, pantang untuk diingkari, dan hanya membuat dirinya menjadi rendah. Apa pun keputusan rakyat nanti, Prabowo tetap menerima dengan tangan terbuka. Rasanya, tidak perlu lagi saya tuliskan panjang lebar getaran rasa dari kalimat-kalimat beliau yang apa-adanya.

9 Juli 2014, Gunakan Hak Pilih Anda dengan Bijak dan Cerdas! Jangan lagi menjadi Golput, karena hanya menghambat kemajuan Indonesia. Apakah Anda mau Indonesia tertinggal dari bangsa-bangsa lain. Apakah Anda mau, Indonesia dilecehkan oleh bangsa lain? Apakah mau, Hidup Anda begitu saja tanpa perubahan? Indonesia harus berubah dan perubahan itu berasal dari  Anda. Nasib Indonesia berada di tangan saudara-saudara! Hanya rakyat Indonesia yang bisa menyelamatkan negerinya. Mari berdoa untuk masa depan negeri Indonesia.

Terima kasih.

Sumber gambar: http://k0k0h.heck.in/

Leave a Reply