Mengapa Perlu Berinvestasi

images

Di jaman yang tidak  bisa diprediksi, Anda perlu mempersiapkan tabungan dan inevstasi dari sejak dini.  Situasi darurat di masa depan, tentu tidak bisa dihindari. Tidak selamanya pun, orang bisa terus bekerja sampai tua dan menghasilkan pendapatan sesuai dengan kebutuhannya.

Biaya pendidikan dan kesehatan pun semakin mahal, Jika tidak dipersiapkan sekarang, kemungkinan hasil yang didapat nanti hanya sedikit, bahkan  zero dan Anda tidak bisa menyekolahkan anak atau membiayai rumah sakit.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari menabung atau berinvestasi. Beberapa manfaat  yang bisa Anda pikirkan dan putuskan untuk segera berinvestasi, yaitu:

  1.  Perlindungan keluarga. Anda bisa melindungi sekaligus membiayai kebutuhan keluarga, bila terjadi situasi darurat.
  2. Membeli rumah. Rumah merupakan suatu tempat nyaman bagi keluarga dan tempat berlindung. Semua pasangan mempunyai mimpi memiliki rumah dan tidak sedikit yang belum mempunyai rumah.
  3. Pendidikan anak. Jelas, biaya pendidikan semakin meningkat. Anda perlu mempersiapkannya agar anak Anda bisa memiliki kehidupan yang lebih baik.
  4. Akumulasi kas. Kas yang ditabung dalam jangka waktu yang panjang akan menghasilkan junlah kas yang besar. Kas merupakan salah satu investasi liquid,    Contoh: kas tabungan bank.
  5. Akumulasi kekayaan. Contohnya, investasi emas.  Emas juga salah satu investasi liquid. Nilainya pun semakin naik pertumbuhannya. Bukan emas saja, mobil, lukisan, dan lainnya pun bisa disebut kekayaan, hanya bebreda saja sifat, nilai, dan resikonya.
  6. Pensiun. Anda bisa hidup tenang, bila mempunyai tabungan atau investasi di masa tua. Melihat  di hari pensiun, tidak sedikit dari Anda memerlukan biaya kesehatan dan juga biaya kebutuhan hidup sehari- hari.
  7. Penghapusan hutang. Bila Anda terlibat hutang, investasi bisa sangat membantu penyelesaian hutang Anda.
  8. Liburan.  Orang membutuhkan liburan untuk refreshing, terlepas dari kegiatan sehari-hari yang hiruk-pikuk.  MEski, liburan  memang bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing. Namun, terkadang, orang banyak melakukan akitivitas liburannya dengan melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri. Bila mempunyai investasi, Anda bisa mengatasi kegiatan liburan sesuai dengan yang diinginkan.

Apabila Anda telah mempunyai kesadaran berinvestasi, tapi tidak tahu harus berinvestasi apa dan tidak tahu bagaimana caranya. Ada poin-poin penting yang harus Anda kaji, agar tidak salah berinvestasi.

Anda pasti mengenal kalimat, “High Risk, High Return”, resiko tinggi menghasilkan pendapatan yang tinggi. Dan tidak semua orang berani mengambil resiko tinggi. Hal ini adalah tindakan beresiko dan bukan keputusan yang baik, bila Anda memilih cara investasi yang aman-aman saja.

Lain lagi lagi halnya, jika melakukan investasi di area “High Risk, Low Return”, jelas model investasi seperti ini tidak menguntungkan.  Pilihan yang baik, jika Anda berinvestasi di ranah “High Return, Low Risk”, salah satu contohnya berinvestasi di properti. Memang, properti bukan bersifat liquid, melainkan investasi jangka panjang.

Sedikit dipaparkan macam-macam investasi, yaitu:

  1.  Investasi Jangka Pendek. Investasi di bawah 1 tahun dan rata-rata mendapatkan return antara 3%-15%. misal, tabungan bank, deposito, emas.
  2. Investasi Jangka Menengah. Usia investasi antara 1 bulan – 5 tahun. Return yang dihasilkan antara 9% – 15% per tahun. Misal, emas, reksadana, saham.
  3. Investasi Jangka Panjang. Usia investasi di atas 5 tahun. Return: lebih dari 15%. contoh: emas, properti, dan lainlain.

Emas merupakan investasi fleksible. Bisa cepat dicairkan atau bisa disimpan dalam waktu yang panjang. Pilihan investasi yang baik dan cukup aman. Selain emas, properti juga pilihan investasi yang baik. Properti di kawasan bagus , malah harga bisa meningkat hingga menyampai 100%. Harga tanah pun setiap tahunnya terus meningkat, ini sekali lagi tergantung di daerah mana Anda membeli properti. Tanah atau rumah pun bisa disewakan sebelum Anda memutuskan untuk menjualnya. Jadi, properti Anda bisa dimanfaatkan sedemikian rupa, mengingat harga sewa pun terus meningkat. Pertumbuhannya bisa mencapai 2.5% per tahun dengan expected return lebih dari 15 %.

Selain itu, jumlah penduduk yang semakin banyak dan jumlah lahan terbatas- apalagi di perkotaan, membuat orang banyak membutuhkan properti untuk disewa ataupun dibeli. Hal ini bisa disebut sebagai bisnis. Kejelian memang harus digunakan untuk berinevsetasi.

Memilih dan membeli properti yang tepat, memang tidak mudah. Beberapa tips yang Anda bisa pakai dalam membeli properti:

  1.  Lokasi. Lokasi sangat menentukan properti Anda bisa tumbuh dengan cepat atau lamban. Misalnya saja, harga rumah di komplek dengan harga rumah d luar komplek, sangat berbeda. Harga rumah di komplek perumahan memiliki harga yang lebih tinggi dibanding rumah di luar komplek.
  2. Akses. Di jaman sekarang ini, akses sangat penting untuk memudahkan mobilitas. Jalan tol, stasiun kereta api, busway, bus umum, dan trasnportasi umum lainnya, atau jalan yang mulus, merupakan cara membidik properti yang ingin dibeli. Kemudahan dan kenyaman lah yang sebetulnya dicari para pembeli.
  3. Fasilitas. Adalah sarana yang bisa memenuhi kebutuhan individu ataupun kelompok. Sarana pendidikan, pelayanan kesehatan, tempat ibadah, rumah makan, mini market, mall, dan sebagainya, merupakan salah satu yang dilirik banyak orang agar kemudahan dan kenyamanan terwujud.
  4. Siapa. Maksudnya Anda harus tahu siapa penjual properti yang ditawarkan kepada Anda. Apakah Anda membeli dari agen, teman, developer, makelar ? Anda harus membeli properti dari orang yang terpercaya.
  5. Track record. Bila  membeli properti dari developer, Anda harus mencari tahu bagaimana sejarah atau track record-nya. jangan sampai Anda membeli ‘kucing dalam karung’.
  6. Potensi kenaikan. Suatu daerah atau wilayah yang perkembanganya cukup pesat, sudah pasti memiliki daya jual yang sangat baik. Contohnya saja, kawasan BSD,  4 tahun lalu harga rumah Rp.400.000.000, tahun ini harga rumah itu mencapai 1 milyar rupiah. Jelas, kawasan ini bisa menguntungkan investasi Anda.

Properti adalah pilihan investasi jangka panjang yang cukup bagus. Anda pun akan lebih baik mempunyai investasi yang bersifat jangka pendek, menengah, dan panjang. Juga investasi liquid dan non liquid. Apabila Anda memilih properti sebagai salah satu investasi, Sinar Mas Land telah mempunyai track record yang sangat baik dalam segi hunian, keuangan, pembangunan yang teratur rapi, kualitas bangunan dan harga yang terjangkau. Ini hanya contoh saja. Semua pilihan berada di tangan Anda, tapi sebelum transaksi terjadi, Anda bisa mengunakan tips di atas tadi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply